Memahami Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Perkembangan Anak

28 September 2018 | 02:54

Pendidikan karakter menjadi salah satu concern pemerintah saat ini. Mungkin Anda pernah mendengar bagaimana presiden sering mendengungkan mengenai revolusi mental, bukan? Antara revolusi mental dan pendidikan karakter mempunyai ciri khas yang sama, yaitu bagaimana membentuk sebuah karakter seseorang agar nanti di masa mendatang terbentuk pribadi yang bermental kuat, tangguh, kreatif, dan berpengetahuan luas

Bagi Anda sebagai orang tua yang sebelumnya berpikiran bahwa pembentukan karakter anak ini cukup dilakukan di sekolah, Anda salah besar. Peran orang tua di sini sangat besar untuk mengembangkan pendidikan karakter bagi anak. Bahkan sebenarnya orang tua secara tidak langsung sudah melakukan pendidikan karakter bagi anak, lewat perilaku, tingkah laku, dan kebiasaan yang ada di rumah. Jika Anda tidak sadar, ada banyak sekali hal berbahaya yang sejatinya tidak Anda sadari lakukan dan akhirnya ditiru oleh anak Anda.

Di dalam artikel kali ini akan dibahas empat dari puluhan manfaat pentingnya pendidikan karakter bagi perkembangan anak. Apa saja itu?

Membentuk karakter individu

Hal terpenting dalam pendidikan karakter adalah membentuk karakter individu. Usia anak sekitar 0-6 tahun adalah masa kritis pada pembentukan karakter sesorang. Pada saat itu, anak akan menyerap setidaknya 80% informasi dengan baik yang ada di sekitarnya. Apapun yang Anda lakukan dan ajarkan pada usia ini, maka sebagian besar akan dilakukan dan dicontoh oleh anak tersebut. Contoh sederhana adalah jika Anda membiasakan membaca di rumah, maka anak akan mulai melakukan hal yang sama. Ini juga berlaku ketika Anda lebih suka bermain gadget daripada mengajak anak bermain.

Menciptakan individu yang peduli dan menghargai sesama

Manfaat pendidikan karakter selanjutnya adalah untuk menciptakan individu yang peduli dan lebih menghargai terhadap sesama. Ini juga tidak kalah penting karena nantinya anak akan tumbuh dewasa dan menyadari bahwa manusia adalah makhluk sosial. Dirinya tidak akan bisa hidup sendirian, dia harus saling membantu satu sama lain, bekerja sama, dan berkomunikasi. Jadi sebagai orang tua, Anda harus mengajarkan bagaimana agar anak peduli dan menghargai sesamanya sejak dini.

Menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan

Apa yang Anda contohkan sekarang, bukan berarti anak akan langsung menirukannya. Hal-hal sederhana seperti menjadi suka membantu seseorang, menjelaskan segala informasi yang ada, dan membuat anak berpikir kritis akan membuat dirinya sadar bahwa segala sesuatu ini mempunyai konsekuensi. Ketika Anda sudah menanamkan pendidikan karakter sejak dini, manfaat yang akan dirinya petik adalah menjadi pribadi yang lebih bijak dalam mengambil keputusan.

Pribadi yang senang untuk belajar

Manfaat terakhir yang penting dari pendidikan karakter adalah anak akan menjadi pribadi yang senang belajar. Anak akan mengetahui bahwa sejatinya belajar tidak hanya dilakukan di sekolah, tetapi juga ketika membaca buku, bertemu dengan seseorang, sampai ketika bepergian. Dengan begini, anak tetap haus akan informasi, mereka akan terus belajar ketika dirinya sudah lulus kuliah, bekerja, bahkan saat dirinya menjadi orang tua nantinya.

Bisa dibilang pendidikan karakter ini menjadi hal yang lebih penting daripada pendidikan sekolah biasa. Jadi, Anda sebagai orang tua harus sadar sejak dini bahwa karakter dan mental anak ini tercipta dari lingkungan rumah terlebih dahulu. Untuk menambah pengetahuan, Anda bisa terus melakukan research dan membaca mengenai artikel pendidikan di Indonesia, dengan begini Anda bisa terus on-track saat membangun karakter anak.

 

Rekomendasi