Sebelum Terlambat, Ketahui 4 Penyebab Kanker Serviks Berikut

4 Oktober 2018 | 21:27

Penyebab kanker serviks saat ini sudah dapat diketahui. Hanya saja beberapa faktor penyebab tersebut masih sering diabaikan. Pasalnya, hal-hal tersebut melekat dalam keseharian dan tanpa disadari telah menjadi sebuah kebiasaan. Jika suatu hal telah menjadi kebiasaan, tentu akan lebih sulit untuk diubah. Sebelum terlambat, sebaiknya Anda mengetahui beberapa faktor penyebab penyakit kanker serviks pada wanita.

HPV sebagai penyebab kanker serviks

Penelitian telah membuktikan bahwa penyebab penyakit kanker serviks pada wanita adalah karena adanya infeksi human papillomavirus (HPV). Dalam kebanyakan kasus, virus ini memang telah terbukti dapat menyebabkan kanker serviks. Infeksi virus ini bisa menyerang siapa saja, termasuk mereka yang belum pernah berhubungan seksual.

HPV dapat ditularkan lewat hubungan seksual baik itu secara genital maupun oral. Namun, virus ini juga dapat diturunkan melalui garis keturunan. Jadi, apabila dalam garis keturunan terdapat orang yang pernah terjangkit kanker serviks atau terpapar infeksi HPV, peluang bagi anggota keluarga lain untuk mengidap kanker juga akan lebih besar.

Kehamilan di usia dini

Usia ternyata juga menjadi faktor penyebab kanker serviks. Wanita yang mengandung atau melahirkan pada usia yang sangat muda lebih rentan terserang kanker serviks daripada mereka yang berusia lebih matang. Alasannya, pada usia remaja leher rahim (serviks) belum matang. Kekuatan leher rahim pada usia remaja masih rendah, sehingga lebih rentan terserang virus.

Wanita yang mengandung di bawah usia 17 tahun memiliki peluang mengidap kanker serviks lebih besar. Termasuk saat mereka berhasil melahirkan pada usia tersebut. Wanita dalam kategori umur ini memiliki peluang dua kali lebih besar jika dibandingkan dengan mereka yang mengandung dan melahirkan di atas usia 17 tahun,

Kontrasepsi oral

Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi kontrasepsi oral seperti pil KB juga bisa menjadi penyebab kanker serviks. Mengonsumsi pil KB dalam jangka waktu lebih dari lima tahun ternyata dapat meningkatkan peluang terserang kanker serviks. Ini karena penggunaan kontrasepsi oral berpengaruh pada hormon wanita.

Beberapa hormon yang dikontrol oleh pil KB ternyata memiliki pengaruh dalam mengontrol perkembangan sel kanker. Meski demikian, kondisi ini tidak sepenuhnya disebabkan oleh pil KB. Ada beberapa faktor lain yang menyebabkan wanita rentan terserang kanker serviks saat konsumsi kontrasepsi oral, misalnya penurunan imun.

Konsumsi junk food

Junk food telah dikenal sebagai penyebab terjadinya banyak penyakit. Ternyata jenis makanan ini juga bisa menjadi penyebab kanker serviks. Menjadikan konsumsi junk food sebagai bagian dari gaya hidup Anda ternyata sangat berbahaya. Kandungan yang ada pada junk food bisa menyebabkan produksi protein E6 dan E7 meningkat.

Kedua jenis protein ini telah diketahui dapat mematikan beberapa gen dalam tubuh yang berperan sebagai proteksi terhadap infeksi virus. Produksi dua jenis protein tersebut dalam jumlah yang tidak terkontrol tentu akan menyebabkan tubuh menjadi lebih rentan pada penyakit. Untuk itu, sebaiknya ganti junk food dengan makanan yang lebih sehat dan bernutrisi.

Kanker serviks dapat menyerang siapa saja. Meskipun Anda tidak memiliki riwayat yang bisa meningkatkan peluang untuk terjangkit penyakit serviks, beberapa kondisi yang tidak pernah disadari mungkin bisa menyebabkan penyakit kanker.

Sebagai langkah pencegahan, ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan asuransi jiwa. Dengan manfaat asuransi jiwa yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan proteksi tambahan saat ancaman penyakit mengintai kapan saja.

 

 

Rekomendasi