4 Cara Mudah Mendeteksi Kanker Sejak Dini

14 Oktober 2018 | 19:45

Kanker menjadi penyakit tidak menular paling bahaya nomor tiga di Indonesia setelah jantung dan stroke. Sel kanker sendiri berawal dari sel yang rusak dan tidak bisa diperbarui oleh sistem di dalam tubuh diakibatkan sinar UV dan konsumsi bahan kimia berbahaya. Jika tidak dicegah, sel kanker tersebut akan berkembang dan bisa menyebar ke organ tubuh lain dan menjadi tumor yang sangat berbahaya.

Kanker sebenarnya penyakit yang sangat mematikan dan terkadang tidak terdeteksi pada stadium awal. Gejala awal dari kanker ini bahkan mirip dengan penyakit biasa yang bisa sembuh dengan sendirinya, seperti batuk, demam, kurang nafsu makan, atau mudah lelah. Mungkin jika Anda sudah mempunyai asuransi jiwa, Anda bisa melakukan checkup rutin untuk mendeteksi kanker sejak dini. Jika Anda tidak mempunyai asuransi jiwa, di dalam artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara mudah untuk mendeteksi kanker. Simak, ya.

Sadar terhadap perubahan di dalam tubuh

Semua gejala awal kanker sangat mirip dengan penyakit biasa pada umumnya, tetapi yang membedakan adalah fasenya yang cukup lama dan tidak kunjung sembuh. Misalnya, Anda mulai tidak nafsu makan, jika hal tersebut terjadi berturut-turut dan tidak kunjung terjadi perubahan, ini bisa menjadi sinyal bahaya Anda terkena kanker. Tidak hanya itu, perubahan kecil seperti terjadi benjolan di sekitar tubuh juga bisa menjadi ciri-ciri awal munculnya kanker.

Jadi, mulai sekarang Anda harus sadar terhadap perubahan yang ada di dalam tubuh. Jangan takut untuk melakukan pemeriksaan sendiri di dalam tubuh seperti meraba dan menggerak-gerakkan tubuh.

Ketahui riwayat keluarga

Salah satu penyebaran kanker ini banyak muncul karena faktor keluarga atau keturunan. Jika ada salah satu anggota keluarga yang pernah terkena kanker, ada kemungkinan DNA kanker ini akan turun kepada Anda. Walaupun untuk sementara ini kanker yang bisa diturunkan ke generasi selanjutnya hanya kanker payudara, Anda harus tetap waspada.

Jika ada anggota keluarga Anda yang pernah terkena kanker, entah itu kanker payudara atau kanker apapun, Anda bisa waspada dan melihat ciri-ciri dini bagaimana kanker tersebut akan muncul.

Ubah kebiasaan buruk untuk menekan risiko kanker

Selanjutnya adalah Anda bisa mengubah kebiasaan buruk yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan munculnya sel kanker. Misalnya, Anda masih sering merokok, jarang makan sayuran, tidak pernah olahraga, atau melakukan kebiasaan buruk lain, maka Anda harus perlahan-lahan mengubahnya. Sel kanker sendiri muncul akibat pola kebiasaan buruk yang dilakukan terus menerus oleh tubuh dan lama kelamaan akan berubah menjadi sel tumor.

Lakukan pengecekan ke dokter jika sakit tidak kunjung sembuh

Ada beberapa gejala yang cukup berbahaya dan bisa menjadi ciri-ciri awal terjadinya kanker. Misalnya ada benjolan di payudara, ini bisa menjadi sinyal terjadinya kanker payudara. Kemudian Anda mudah lelah dan nafsu makan berkurang, ini bisa menjadi sinyal munculnya kanker hati ataupun kanker berbahaya yang ada di dalam tubuh. Jika itu terus menerus terjadi, Anda bisa melakukan pengecekan ke dokter untuk deteksi dini.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi kanker sejak dini. Seperti dijelaskan di awal, kanker ini bisa lebih mudah terdeteksi jika Anda mempunyai asuransi jiwa yang mengizinkan Anda untuk melakukan pemeriksaan rutin. Itu adalah manfaat asuransi yang sampai sekarang masih belum banyak orang yang mengetahuinya.

 

Rekomendasi