Beberapa Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memilih Asuransi Pendidikan

18 Oktober 2018 | 18:08

Asuransi pendidikan adalah opsi terbaik untuk mempersiapkan masa depan buah hati Anda. Dengan produk asuransi ini Anda bisa menjamin kelangsungan pendidikan anak. Selain itu, produk asuransi pendidikan juga bisa memberikan proteksi seperti asuransi jiwa. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masa depan mereka.

Namun sekarang makin banyak perusahaan yang menawarkan produk asuransi ini. Dengan banyaknya jumlah perusahaan yang memiliki produk asuransi pendidikan, tentu akan semakin sulit bagi Anda untuk memilih mana yang terbaik untuk anak. Apa saja yang harus dipahami untuk mendapatkan asuransi pendidikan terbaik untuk anak?

Perhitungan biaya pendidikan

Seperti kebutuhan hidup lainnya, biaya pendidikan juga terus naik tiap tahunnya. Biaya pendidikan anak tentu berbeda dengan biaya pendidikan Anda dulu. Untuk mendapatkan perlindungan maksimal dari asuransi pendidikan, ada baiknya untuk membuat perkiraan jumlah dana yang akan Anda keluarkan untuk biaya pendidikan.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengamati tren peningkatan biaya pendidikan. Lihat ke belakang berapa selisih dari kenaikan biaya pendidikan tiap tahunnya. Ditambah dengan angka inflasi yang mungkin akan terjadi di masa mendatang, Anda bisa memperkirakan biaya pendidikan anak dengan lebih akurat. Jadi, asuransi pendidikan yang dipilih pun akan tepat.

Jangka waktu pencairan dana

Apabila Anda sudah mendapatkan perkiraan dana yang akan dikeluarkan untuk biaya pendidikan anak, sekarang waktunya untuk mengetahui waktu pencairan dana yang tepat. Asuransi pendidikan tidak sama dengan asuransi jiwa yang masa pencariannya tergantung dengan kondisi yang dihadapi.

Waktu pencairan manfaat asuransi pendidikan akan bergantung pada jenjang pendidikan anak. Selain itu Anda juga bisa memilih waktu pencairan manfaat yang menyesuaikan usia anak. Hitunglah pada usia atau tahun berapakah kiranya anak akan membutuhkan dana yang besar untuk pendidikan mereka. Biasanya waktu ini akan datang pada masa tahun ajaran baru.

Penawaran manfaat tambahan

Tidak seperti tabungan pendidikan yang hanya membantu Anda menyimpan dana untuk pendidikan anak, asuransi pendidikan biasanya juga menawarkan manfaat lain. Biasanya manfaat ini akan serupa dengan asuransi jiwa, anak akan diberikan proteksi terkait dengan kesehatannya. Saat terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan, mereka berhak atas manfaat asuransi dari premi yang telah dibayarkan.

Manfaat tambahan ini penting diketahui supaya Anda bisa membandingkan antara asuransi pendidikan dengan tabungan pendidikan. Selain itu, manfaat tambahan ini juga bisa memberikan proteksi yang lebih baik lagi untuk buah hati Anda. Penyedia asuransi pendidikan harus bisa memberikan proteksi dalam berbagai hal. Pengertian perusahaan asuransi seperti inilah yang Anda butuhkan untuk memastikan pendidikan anak.

Track record perusahaan asuransi

Poin ini tidak boleh Anda sepelekan. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan asuransi pendidikan terbaik untuk anak. Sebelum membeli produk asuransi, pastikan perusahaan penyedia memang memiliki track record yang baik. Anda bisa mengetahui hal ini lewat data yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain mencari informasi dari OJK, Anda juga bisa mencari tahu lewat kerabat atau kenalan yang sudah memiliki asuransi pendidikan. Berhati-hatilah dalam memilih asuransi, bagaimanapun juga fungsi asuransi adalah sebagai perlindungan bukan ancaman. Pengertian asuransi inilah yang harus ada pada perusahaan yang akan Anda pilih.

 

CommonWealth Life melalui Danatra Cendekia, telah mampu memenuhi hal-hal di atas. Asuransi pendidikan ini memiliki masa pembayaran yang fleksibel, memiliki manfaat yang bisa menutup biaya pendidikan, dan tentunya memiliki integritas sebagai penyedia asuransi pendidikan.

 

Rekomendasi