4 Kebiasaan Buruk yang Bisa Membangkitkan Sel Kanker

22 Oktober 2018 | 18:25

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel yang terdapat di dalam jaringan tubuh dan akhirnya berubah menjadi sel kanker. Salah satu akibat berbahaya dari kanker adalah pertumbuhannya ini bisa menyebar ke seluruh tubuh dan pada akhirnya bisa menyebabkan kematian. Di Indonesia, pada data Riset Kesehatan Dasar 2013, kanker menjadi penyebab kematian ketiga dari penyakit tidak menular, setelah stroke dan penyakit jantung.

Semua manusia sebenarnya mempunyai bibit sel kanker yang didapat dari DNA yang rusak. Untuk tubuh yang sehat, tubuh sudah memiliki sistem yang kuat untuk membunuh sel-sel yang rusak tersebut sebelum berkembang menjadi sel kanker. Tetapi jika Anda mempunyai kebiasaan yang buruk, sel-sel yang rusak tersebut bisa berubah menjadi sel kanker yang sangat berbahaya bagi tubuh. Pada beberapa kasus, ada banyak sekali orang yang ternyata tidak mengetahui bahwa kebiasaannya sekarang itu bisa menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

Mungkin Anda bertanya apakah hanya dengan menggunakan asuransi jiwa ini Anda bisa tenang jika terkena penyakit? Tentu mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Sebelum semuanya terlambat, di sini kami akan menjelaskan apa saja empat kebiasaan buruk yang ternyata bisa menyebabkan kanker.

Terlalu sering makan gorengan

Kebiasaan buruk pertama yang harus Anda waspadai adalah terlalu sering makan gorengan. Mungkin Anda akan bertanya mengapa bahan makanan yang digoreng ini berbahaya, bukankah bahan makanan yang dipanaskan ini menghilangkan penyakit? Sebenarnya yang menjadi masalah dari makan gorengan adalah banyak sekali masyarakat yang tidak mengetahui bahwa pemakaian minyak goreng ini ada batasnya dan suhu yang digunakan ini juga ada batasnya.

Ketika Anda beli gorengan di pinggir jalan atau di luar, Anda tentu tidak mengetahui apakah minyak yang digunakan ini sudah masuk standar atau tidak. Jika Anda tetap meneruskan makan gorengan dan tidak dibatasi, bahan dari minyak goreng ini bisa membentuk senyawa berbahaya dan radikal bebas yang dapat memicu sel kanker.

Jarang makan sayur

Selanjutnya adalah Anda jarang makan sayur. Sayuran adalah makanan sehat yang sering diremehkan banyak orang. Anda bisa membuat tampilan luar tubuh sehat, seperti kulit bersinar, tidak berjerawat, dan terlihat segar. Selanjutnya, sayur juga bisa membuat tubuh bagian dalam Anda sehat dan bersih dari sel kanker. Sayuran mempunyai kandungan phytochemical yang bisa membunuh sel kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Anda jarang berolahraga

Fungsi utama dari olahraga adalah Anda bisa berkeringat dan dari keringat itulah racun-racun di dalam tubuh ini akan keluar. Ketika Anda berolahraga, seluruh tubuh akan bergerak dan organ di dalam tubuh akan bekerja lebih cepat daripada sebelumnya. Jika Anda secara rutin melakukan olahraga, setidaknya tiga kali dalam seminggu, tubuh Anda tidak hanya akan terbebas dari sel kanker, tetapi juga sehat secara jiwa dan raga.

Cuek terhadap diri sendiri

Kebiasaan terakhir yang sangat berbahaya adalah Anda cuek terhadap diri sendiri. Cuek di sini adalah Anda tidak sadar bahwa sebenarnya penyakit sedang menghantui Anda. Misalnya, Anda sakit demam, Anda tetap memforsir tetap bekerja atau tidak mengendurkan aktivitas sedikit pun, Anda bisa mudah terserang penyakit yang lebih parah. Jadi, mulai sekarang, Anda harus sayang terhadap diri Anda sendiri. Jika Anda mempunyai sedikit budget untuk checkup rutin, lakukanlah minimal satu tahun sekali atau paling baik adalah enam bulan sekali.

Tambahan lain adalah Anda bisa menggunakan asuransi jiwa yang memiliki manfaat sangat besar. Manfaat asuransi ini bisa Anda dapatkan tidak hanya jika Anda sakit, tapi Anda juga bisa melakukan periksa rutin. Jadi, mulai sekarang sayangi badan Anda dengan mengurangi kebiasaan buruk dan mempertimbangkan menggunakan asuransi yang pas untuk Anda dan keluarga.

 

Rekomendasi