Detoks Setelah Kalap Makan Sehabis Lebaran

9 Juni 2017 | 01:53

 
Lebaran tidak pernah jauh-jauh dari pertemuan keluarga serta makanan berlemak dan penuh kolesterol. Program diet yang sebelumnya berjalan mulus terhenti sejenak. Karena itu, diperlukan detoksifikasi pada tubuh untuk membuang racun-racun yang didapat dari makanan-makanan tersebut. Hal ini dilakukan agar tubuh kembali pada sistem metabolisme normal sehingga tidak mengganggu pencernaan. Seperti apa caranya?
 
1. Minum secukupnya
Mengonsumsi air dapat menjaga organ-organ penyaring kotoran yang dihasilkan tubuh. Minumlah secukupnya, terutama saat haus. Buang air kecil setiap beberapa jam sekali dan jika urin berwarna bening artinya cukup minum.
 
2. Perhatikan asupan kalori
Batasi konsumsi kalori harian 1.400 sampai 1.600 kalori per hari. Berat badan akan turun, tetapi tidak membuat Anda lemas. Bila hanya mengonsumsi 1.200 kalori per hari, tubuh akan mulai membakar otot dan bukan lemak serta menyebabkan Anda kekurangan vitamin.
 
3. Menu sarapan sehat
Anda harus menyempatkan waktu untuk sarapan setiap hari. Jika diabaikan, Anda tidak akan memiliki cukup energi untuk memulai hari.
 
4. Banyak konsumsi sayuran
Blender bayam, brokoli, dan wortel dengan jahe, daun parsley, basil, dan kayu manis. Untuk menambahkan manis, masukkan setengah apel atau jeruk dan protein yang didapat dari gandum, yogurt, susu kedelai, dan telur putih. Campuran ini sehat karena mengandung banyak vitamin, mineral, fitokimia, dan antioksidan. Konsumsi 2 hingga 3 porsi sehari.
 
5. Makanan berprotein tinggi dan rendah lemak. 
Pilihlah menu yang kandungan proteinnya tinggi, seperti ikan, ayam tanpa lemak, kacang-kacangan, gandum utuh, dan sayuran.Hindari makanan yang mengandung gula buatan, tepung, nasi, daging berlemak, olahan susu yang tidak non-fat, dan minuman bersoda.
 
6. Snack rendah kalori
Atasi rasa lapar itu dengan mengonsumsi snack sehat yang rendah kalori, seperti kacang almond, edamame, dan buah-buahan.
 
7. Lakukan aktivitas fisik
Jika tidak suka berolahraga, tidak ada salahnya untuk terus bergerak. Melakukan pekerjaan rumah juga bisa saja. Dengan begitu, sirkulasi darah Anda akan kembali lancar dan racun dalam tubuh terbuang.
 
8. Konsumsi gandum

Meskipun diet gluten-free semakin marak, Anda disarankan untuk tetap mengonsumsi gandum utuh dalam proses detoksifikasi sebagai penghilang kolesterol. Konsumsi 2porsi kecil sehari. 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.