Reksadana, Bagaimana Cara Kerjanya?

9 Juni 2017 | 17:02

Reksadana merupakan kumpulan dana dari para investor yang kemudian akan dikelola oleh manajer investasi ke dalam portofolio efek seperti saham, obligasi, pasar uang, dan lain-lain. Kelebihan reksadana ialah adanya diversifikasi investasi di mana investasi dipecah ke beberapa instrumen. Reksadana saham, misalnya, ditanamkan ke beberapa perusahaan. Jadi jika nilai saham di suatu perusahaan turun, mungkin saja saat bersamaan nilai saham di perusahaan lainnya justru naik.
 
Seperti apa urutan cara kerja reksadana?
  1. Manajer investasi menghimpun dana dari nasabah untuk diinvestasikan dalam suatu reksadana sesuai dengan kesepakatan dengan nasabah.
  2. Total dana yang dihimpun diinvestasikan ke sejumlah instrumen investasi sesuai dengan spesifikasi reksadana yang telah dipilih nasabah.
  3. Nasabah menerima laporan investasi dari manajer investasi tentang dananya yang diinvestasikan secara berkala. Isinya seputar kinerja produk, komposisi aset, dan portofolio efek. 
Selanjutnya, reksadana pun memiliki kelebihan utama yang terletak pada kemudahannya. Yang paling umum adalah bahwa Reksadanamudah diakses oleh masyarakat, dimana produk ini bisa dibeli di lembaga pengelola dan penerbit produk reksadana, atau manajer investasi itu sendiri dan bank-bank yang bekerja sama dengan manajer investasi.
 
Sudah banyak sekali bank yang memiliki izin sebagai agen penjual reksadana di Indonesia. Salah satu kelebihan investasi reksadana melaluibank ialah adanya fasilitas autodebet dari rekening tabungan, sehingga nasabah tidak perlu repot melakukan transaksi pembelian reksadana.  
 
Dalam berinvestasi di Reksadana, nasabah perlu memperhatikan Nilai Aktiva Bersih (NAB) dan Unit Penyertaan (UP). Transaksi reksadana diproses berdasarkan NAB per UP yang diinformasikan melalui media massa. NAB per UP adalah harga wajar dari portofolio suatu Reksadana setelah dikurangi biaya operasional kemudian dibagi jumlah saham/unit penyertaan yang telah beredar (dimiliki investor) pada saat tersebut.
 
Nilai ini berubah-ubah setiap harinya (hari transaksi Senin–Jumat). Nilai ini dipengaruhi oleh transaksian pembelian dan penjualan Reksadana oleh para investor, harga pasar dari aset Reksadana dan perubahan dana kelolaan (Asset Under Management–AUM).
 

Simulasi Reksadana

Reza membeli reksadana ABC Rp100.000 ketika NAB per UP 1.000. Artinya, Reza mendapatkan Rp 100.000/1.000 = 100 UP. Jika dua bulan kemudian NAB per UP reksadana ABC naik menjadi 1.200 dan Reza menjual seluruh UP-nya, dia akan mendapat 1.200×100 UP = Rp120.000. Jadi dalam dua bulan, ia meraup keuntungan Rp120.000–Rp100.000 = Rp20.000.
 
Namun jika NAB per UP turun menjadi 900 dan Reza menjual seluruh unitnya, ia akan merugi: 900×100 UP = Rp90.000. Lalu, Rp90.000–Rp100.000 = – Rp10.000. Perhitungan imbal hasil ini masih dikurangi biaya pembelian UP, biaya pengalihan UP, dan biaya penjualan kembali UP.
 

Transaksi reksadana oleh manajer investasi sangatlah transparan karena bisa diakses melalui laporan kinerja bulanan/Fund Fact Sheet. Jika kurang jelas, Anda bisa menghubungi manajer investasi terkait. Manajer investasi terdaftar di Badan Pengawas Pasar Modal. Begitu juga dengan daftar bank yang telah mendapat lisensi agen penjual reksadana.  

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.