Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa untuk KPR, Mengapa?

9 Juni 2017 | 19:59

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah jenis kredit dengan jangka waktu cicilan menengah-panjang hingga 20 tahun. Saat ini, KPR merupakan solusi paling tepat untuk mengatasi permasalahan klasik yang dihadapi seseorang/keluarga untuk memiliki/membeli rumah, yaitu pendanaan. Harga rumah semakin mahal, sementara kemampuan keuangan hanya mencukupi untuk menutupi sebagian dari biaya tersebut.
 

Plus dan Minus KPR

Plus:
 
  • Nasabah bisa memiliki rumah tanpa harus membayar penuh.
  • Cicilan yang ringan dalam jangka panjang akan menjadi lebih ringan karena inflasi dan penghasilan yang meningkat.
  • Dan sebagainya.
Minus:
 
  • Jika pembayaran terputus karena meninggal atau sakit, keluarga harus menanggung beban pembayaran cicilan atau rumah akan disita karena tidak mampu melunasi cicilan. Asuransi kredit penting karena akan menghilangkan/menutupi risiko tersebut.
 
Nilai rumah yang mahal tentu memerlukan waktu lama untuk melunasinya. Bayangkan bila masa cicilan KPR selama 15 tahun dan baru berjalan lima tahun, lalu kepala keluarga sebagai tulang punggung keluarga meninggal dunia. Apa yang terjadi? Keluarga yang ditinggal pasti akan terbebani untuk melanjutkan sisa cicilan atau berisiko untuk kehilangan aset yang disita karena tidak dapat membayar sisa pinjaman. Namun, sekarang risiko tersebut bisa diatasi dengan asuransi jiwa KPR.
 

Mengapa Asuransi Jiwa KPR itu Penting?

 

1. Memberikan ketenangan bagi nasabah dan ahli waris

Seandainya peserta KPR yang mengikuti asuransi jiwa meninggal, sisa utang akan dibayar oleh perusahaan asuransi. Keluarga yang ditinggalkan akan terbebas dari beban untuk melunasi sisa pinjaman dan risiko kehilangan aset dalam hal terjadi penyitaan oleh bank karena tidak dapat melunasi pinjaman.
 

2. Preminya terjangkau

 
Premi asuransi jiwa KPR relatif terjangkau. Nilainya sekitar 1% hingga 1,5% dari nilai KPR. Misalnya, jika nilai KPR Rp200.000.000, besaran asuransi jiwa sekitar Rp2.000.000 hingga Rp3.000.000. Premi asuransi tidak signifikan dibanding dengan risiko yang harus ditanggung.
 

3. Syaratnya mudah

 
Sebelum melakukan akad kredit, pihak bank biasanya akan menawarkan asuransi ini. Persyaratannya mudah karena hanya mengisi formulir pengisian  dan menjawab pertanyaan kesehatan. Tanyakan kepada pihak bank, premi asuransi tersebut dibayarkan sebagai bagian cicilan atau dibayarkan sekaligus.
 
Tingginya tingkat kebutuhan atas kepemilikan rumah begitu tinggi sehingga perlindungan terhadap aset tak bergerak ini sangat diperlukan. Asuransi Jiwa KPR merupakan program asuransi jiwa berjangka dari Commonwealth Life yang memberikan manfaat bagi nasabah jika terjadi risiko meninggal dunia sewaktu-waktu, dengan membayarkan sejumlah Uang Pertanggungan.
 
Asuransi Jiwa KPR bermanfaat sebagai perlindungan atas kepemilikan aset nasabah yang dibiayai oleh pinjaman dari bank, di mana Uang Pertanggungan bermanfaat untuk melindungi nasabah dan keluarga dari kewajiban pelunasan sebagian atau seluruh sisa pinjaman bila terjadi risiko meninggal dunia pada nasabah, sehingga aset tetap dapat dimiliki oleh keluarga nasabah.
 

Pertimbangkan untuk melengkapi pengajuan KPR Anda dengan asuransi jiwa. Memiliki asuransi jiwa KPR berarti melindungi keluarga dari risiko beban utang jangka panjang. 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.