Wisata Kekinian: Wisata Hantu. Minat?

12 Juni 2017 | 19:19

Meski masih jadi kontroversi, fenomena paranormal atau hantu selalu menarik untuk ditelisik. Beberapa tahun terakhir, minat untuk mengetahui “dunia lain” ini bahkan telah menjadi tema wisata yang marak diburu para traveller. Destinasinya bukan hanya di dunia timur yang dianggap masih menyimpan hal-hal misterius, tapi juga di dunia barat.

Eropa

Percaya atau tidak, Eropa memiliki sejarah yang kaya akan cerita-cerita hantu. Bentuk wisata hantu yang sangat populer adalah mengunjungi kota-kota mati dan kastil-kastil yang ditengarai dihuni hantu-hantu bangsawan masa lalu. Berikut beberapa di antaranya:

Ourador-sur- Glane, sebuah desa kecil yang sudah tak berpenduduk di Prancis. Terkenal dengan cerita- cerita penampakan roh. Dulu, ada 642 penduduk yang dibantai oleh tentara Jerman pada tahun 1944. Mungkinkah penampakan itu roh korban perang tersebut? Kita tidak tahu dengan pasti.
Pripyat di Ukraina, lokasi terdampak bencana pembangkit listrik Chernobyl. Penyelidikan paranormal di sana konon telah menemukan bayangan-bayangan berbentuk manusia yang merupakan spirit dari korban radiasi nuklir saat pembangkit listrik Chernobyl meledak.
Kastil Edinburgh di Skotlandia. Dibangun abad ke 12, tempat ini termasuk 10 tempat paling angker di dunia menurut versi Time Magazine. Ada kisah hantu Lady Glamis, seorang bangsawan perempuan yang dibakar hidup-hidup karena dituduh melakukan sihir. Pada tahun 2001 ada eksperimen yang melibatkan 200 orang untuk tinggal 10 hari di kastil ini dan melaporkan pengalaman menyeramkan terkait bau terbakar dan penampakan perempuan paruh baya yang suram.

Amerika Serikat

Anda bisa mengunjungi kota Charleston di South Carolina yang disebut-sebut sebagai kota paling angker di negara bagian itu. Ada puluhan legenda urban di tempat ini, antara lain, hantu di motel tempat pembunuhan massal, hantu serdadu perang sipil Amerika, hantu anak-anak kecil di bekas panti asuhan yang terbakar, dan penampakan roh narapidana di bekas penjara.
Selain itu, kota Gettysburg, Pennsylvania, juga menyimpan berbagai cerita serupa. Kota ini dulu merupakan salah satu lokasi perang sipil Amerika yang paling mengerikan. Pada 1863 pihak yang berperang bertempur selama tiga hari dengan banyak korban. Kisah-kisah seram di sini juga terkait dengan kejadian tersebut.

Indonesia

Sebut saja tempat-tempat dan tradisi yang terkesan seram seperti Lawang Sewu di Semarang, festival pembersihan mayat leluhur (ma’nene’) di Tana Toraja, gunung Merapi di Yogyakarta, dan rumah hantu garasi di Bandung. Anda tinggal pilih dan langsung kunjungi, sendirian maupun bersama rombongan. Siap-siap bulu kuduk anda merinding!

Ada banyak paket-paket wisata hantu di tempat-tempat di atas yang dikelola biro perjalanan setempat. Dengan mudah anda dapat mencari info di situs semacam tripadvisor.com dan freetoursbyfoot.com.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.