Manajemen Waktu: Belajar dari Orang Sukses, Yuk!

12 Juni 2017 | 19:31

Belajar dari orang-orang sukses, mereka memahami bahwa mengelola prioritas adalah landasan dari semua pengelolaan waktu yang efektif. Mereka membuat skala prioritas yang jelas terkait pekerjaan, diri sendiri dan keluarga serta orang-orang terdekat. Apa saja tips-nya? Simak daftar berikut ini.

Buat Perencanaan Jadwal dan Pantau Jurnal Harian Anda

Jangan hanya menuliskan rencana jadwal kegiatan Anda, buat juga jurnal harian tentang realisasinya. Seberapa jauh anda melakukan sesuai rencana dan bagaimana Anda menghabiskan waktu. Ini akan membuat Anda menyadari durasi waktu yang dikelola dengan baik dalam sehari dan berapa yang terbuang sia-sia karena Anda melakukan hal yang tidak prioritas. Setelah sadar, bertindaklah!

Lakukan Tugas yang Sulit di Pagi hari

Tugas yang membuat Anda semangat dan anda sudah mahir mengerjakannya, butuh lebih sedikit energi dan waktu. Oleh karenanya, lakukan apa yang Anda anggap membosankan dan terlebih dahulu, saat masih segar. Pagi adalah saat kemauan Anda berada pada posisi tertinggi, artinya ini justru waktu yang tepat untuk mengerjakan tugas yang biasanya membosankan dan menyulitkan. Namun, pastikan bahwa tugas itu memang ada di tingkat prioritas tinggi.

Tentukan Daftar Must-Do

Pertimbangkan untuk menyusun prioritas beberapa hal lebih tinggi dari yang lainnya. Buat daftar Must- Do, yaitu hal yang benar-benar penting dan genting untuk diselesaikan hari ini. Jangan masukkan hal yang tidak genting, apalagi yang tidak penting. Bila hal-hal dalam daftar ini telah selesai Anda kerjakan, baru lakukan hal yang lain. Utamakan hal yang memang penting untuk pencapaian target-target Anda, baik pekerjaan maupun pribadi.

Fokus pada Kompetensi Inti Anda Kita semua hebat dalam beberapa hal, tapi tidak terlalu hebat di hal lain. Pastikan bahwa ketika menyangkut keterampilan manajemen waktu, Anda melakukan pekerjaan yang paling sesuai dengan kompetensi inti Anda, daripada melakukan hal-hal yang masih harus dipelajari. Ini memakan banyak waktu. Bicara soal prioritas, kegiatan mempelajari hal baru perlu anda berikan alokasi jadwal tersendiri di saat waktu Anda lebih luang.

Ambil Waktu Istirahat

Secara alami, tubuh, dan pikiran kita akan memberikan pertanda untuk meminta jeda. Ini bisa berupa rasa lelah, kantuk, pikiran buntu, dan sebagainya. Jangan abaikan dan jangan paksakan terus bekerja. Ikuti permintaan tersebut. Tubuh dan pikiran perlu rileks untuk memastikan regenerasi sel, respons kekebalan tubuh, munculnya ide kreatif dan cara pandang yang lebih segar. Pernahkah Anda mendapat gagasan solusi kreatif secara tiba-tiba ketika sedang relaksasi di bawah pancuran kamar mandi? Atau merasa begitu segar dan produktif setelah tidur siang singkat selama 10 menit?

Anda bisa berkreasi lebih banyak untuk mengelola jadwal. Apapun itu gagasannya, mulai dari mengatur prioritas Anda!

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.