Panjang Umur Bisa Diusahakan

12 Juni 2017 | 20:08

Ada berbagai perilaku yang membuat umur anda bisa lebih panjang secara medis. Berikut beberapa tips mudah untuk menjaga tubuh lebih sehat dan lebih bugar dan membuat anda lebih panjang umur.

Kurangi Makan

Penulis Dan Buettner, yang mempelajari fenomena umur panjang di seluruh dunia, menemukan bahwa banyak orang-orang lanjut usia di Jepang berhenti makan saat mereka merasa 80% kenyang. Dalam sebuah studi tahun 2008, para peneliti juga menemukan bahwa membatasi kalori dapat menurunkan produksi T3, hormon tiroid yang memperlambat metabolisme - dan mempercepat proses penuaan.

Matikan TV atau Alat Menonton Lainnya

Anda meningkatkan risiko kematian lebih cepat sebanyak 46% bila anda duduk di depan TV sampai empat jam sehari. Jadi, mulai sekarang, kurangi terpaku di depan TV. Bahkan mengurangi sedikit saja durasi menonton TV per hari, sudah bisa sangat membantu. Perhatikan ini. Setiap jam anda duduk diam menonton TV, meningkatkan keseluruhan risiko kematian sebesar 11% dan meninggal karena penyakit jantung hingga 18%.

Kurangi Paparan Langsung Sinar Matahari

Menghindari terlalu banyak sinar matahari bisa mengurangi risiko kanker kulit, dan ini juga bisa membuat Anda terlihat muda dengan mencegah keriput, garis halus, dan kulit kendor. Tambahkan tabir surya ke upaya perawatan kulit sehari-hari Anda (cari SPF 30 atau lebih tinggi). Dan jangan fokus hanya di wajah Anda. Bintik-bintik kerusakan matahari dan bercak pada dada dan leher Anda juga akan membuat Anda tampak lebih tua.

Bergaul

Penelitian menunjukkan bahwa Anda berisiko lebih besar terkena penyakit jantung bila hidup tanpa jaringan pertemanan dan keluarga yang kuat. Kesepian dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah karena tingginya tingkat hormon kortisol. Bila dianalogikan pada orang sehat, itu sama berbahayanya dengan memiliki kolesterol tinggi atau bahkan merokok. Kesepian nampaknya menimbulkan risiko terbesar bagi orang lanjut usia, yang juga cenderung mengalami depresi.

Makan Buah dan Sayuran

Konsumsi kurang dari tiga porsi buah dan sayuran dalam sehari dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Gizi yang diisi dengan serat dan vitamin, buah dan sayuran dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 76% dan bahkan mungkin berperan dalam mengurangi risiko kanker payudara. Sebagai bonus tambahan, antioksidan dalam buah dan sayuran dapat menghilangkan keriput.

Nah, tak sulit bukan?

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.