4 Tips Jitu Mengelola Uang THR

2 Juni 2018 | 04:05

Saat lebaran, THR menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh para pegawai muslim, terlebih bagi yang sudah bekerja di perusahaan selama lebih dari setahun. Mereka berhak mendapatkan THR sebesar satu kali gaji bulanan.

Nah, meski mendapatkan THR merupakan sesuatu yang menyenangkan, Anda tidak boleh terlena untuk membelanjakannya begitu saja. Diperlukan pengelolaan yang tepat agar uang THR Anda tidak keluar percuma. Nah, agar Anda bisa memanfaatkan uang THR secara maksimal, berikut beberapa hal yang wajib Anda lakukan.

Langsung sisihkan sebagian untuk ditabung

Begitu menerima uang THR, segera sisihkan sebagian untuk ditabung atau investasi. Umumnya, jumlah tabungan ini sekitar 10-20 persen dari THR. Dengan begini, jumlah tabungan Anda bisa terdongkrak. Ingat, uang tabungan idealnya disimpan dalam rekening khusus yang terpisah dari rekening untuk kebutuhan sehari-hari. Jika tercampur, besar kemungkinan Anda justru akan menggunakan tabungan tersebut untuk membeli hal-hal lain.

Selain itu, usahakan pula untuk tidak menabung sisa THR setelah digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan. Prinsipnya adalah sisihkan dahulu untuk ditabung, baru setelah itu digunakan untuk berbelanja. Mungkin akan baik-baik saja jika memang ada sisa THR untuk ditabung, tapi bagaimana jika tidak? Anda pun kehilangan kesempatan untuk memperbanyak jumlah tabungan.

Alokasikan untuk kebutuhan lebaran

Setiap orang tentunya memiliki kebutuhan lebaran yang berbeda-beda. Alangkah baiknya jika sebelum pemberian THR, Anda sudah menuliskan daftar berisi hal-hal apa saja yang harus dibeli untuk kebutuhan lebaran. Mulai dari memberikan pakaian baru untuk anak, THR untuk pekerja rumah tangga (PRT), membayar zakat, servis mobil sebelum mudik, semua bisa Anda tuliskan pada daftar ini.

Meski begitu, Anda tetap tidak boleh boros, ya. Usahakan untuk membeli hal-hal yang memang Anda butuhkan, bukan sekadar untuk gegayaan. Jika ada yang bisa dipangkas, maka pangkas saja. Misalnya, Anda menuliskan sepatu baru pada daftar belanja lebaran. Coba cek kembali koleksi sepatu Anda, apabila memang masih bagus untuk dipakai, tidak ada salahnya mengurungkan niat membeli sepatu baru dan mengalokasikannya untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Pakai untuk bayar utang atau dana darurat

Jika masih memiliki utang atau cicilan yang belum lunas, Anda bisa memanfaatkan uang THR untuk membayarnya. Jangan menunda-nunda pembayaran utang padahal Anda memiliki uang yang cukup untuk membayarnya. Apabila terus ditunda, hal ini hanya akan memberatkan Anda dan membuat Anda kepikiran. Semakin cepat lunas tentunya akan lebih baik, bukan?

Lalu, bagaimana jika Anda tidak memiliki utang atau cicilan apapun untuk dibayar? Nah, Anda bisa menyisihkan uang THR untuk menabung dana darurat. Ingat, kita tidak tahu seperti apa kondisi di masa depan. Tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga dengan menyiapkan dana darurat. Jadi, jika misalnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan membuat Anda harus mengeluarkan biaya tak terduga, Anda tak perlu mengambil uang dari tabungan.

Jika masih sisa, gunakan untuk berlibur

Uang THR Anda masih bersisa? Wah, Anda bisa memanfaatkannya untuk berlibur sendiri atay ramai-ramai dengan keluarga. THR biasanya diberikan saat momen hari raya keagamaan di mana Anda sedang libur panjang. Anda bisa menggunakan hari libur tersebut untuk berlibur bersama keluarga dengan memanfaatkan uang THR yang tersisa.

Tentunya Anda tetap harus menyusun rincian penghitungan agar liburan nanti tidak menimbulkan biaya yang membengkak. Jika memungkinkan, tulis itinerary yang dapat menjadi panduan Anda selama berlibur agar tidak melebihi bujet.

 

Jangan terlena dengan banyaknya uang yang diterima saat THR. Anda tetap harus mengelolanya dengan bijak agar tetap dapat bersenang-senang dan menambah jumlah tabungan!

 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.