5 Manfaat Utama Membayar dengan Sistem Cashless

3 Juni 2018 | 04:15

Sejak tahun lalu, pemerintah Indonesia sedang getol menggiatkan gerakan pembayaran non tunai (cashless) untuk berbagai jenis transaksi. Bahkan per tanggal 31 Oktober 2017 lalu, secara bertahap seluruh tol di Indonesia hanya akan menerima pembayaran menggunakan uang elektronik. Mau tak mau masyarakat Indonesia pun dituntut agar lebih “melek” terhadap gerakan satu ini.

Pembayaran menggunakan cashless sebetulnya membawa banyak manfaat untuk Anda dan masyarakat Indonesia lainnya, mulai dari sistem yang lebih aman dan praktis hingga berbagai promo menarik yang ditawarkan aneka merchant. Ini dia penjelasannya!

 

Lebih praktis dalam bertransaksi

Jika dibandingkan dengan pembayaran tunai, pembayaran bersistem cashless tentu relatif lebih praktis. Saat melakukan pembayaran di toko tertentu, misalnya, Anda tak perlu lagi bingung menghitung uang agar sesuai dengan jumlah pembelanjaan sebelum mengeluarkannya dari dompet dan memberikannya pada petugas kasur.

Dengan adanya uang elektronik, Anda bisa langsung menyerahkanya kepada petugas. Namun, pastikan uang elektronik Anda memiliki jumlah yang cukup, ya. Nah, karena sifatnya yang begitu praktis, proses pembayaran pun akan memakan waktu yang lebih singkat. Alhasil, pengunjung lain tidak harus antre terlalu lama.

Tidak perlu bingung uang kembalian

Saat berbelanja, terutama di convenience store, Anda pasti pernah bertemu dengan kasir yang tidak memiliki uang kembalian sesuai jumlah yang harus diberikan kepada Anda. Sebagai gantinya, biasanya mereka akan mengganti uang kembalian dengan permen, meminta Anda untuk memberikannya ke badan amal tertentu, atau Anda harus merelakannya begitu saja.

Jika terjadi sekali atau dua kali, tentu hal ini tidak mengapa. Namun, apabila sering terjadi, hal tersebut tanpa disadari sebetulnya bisa merugikan Anda. Bagaimana pun juga, uang kembalian menjadi hak Anda sebagai pelanggan. Nah, Anda tidak akan mengalami hal tersebut jika menggunakan uang elektronik karena Anda hanya akan membayar sesuai jumlah belanjaan sehingga tak perlu bingung masalah uang kembalian.

Menekan terjadinya kecurangan

Manfaat lain yang bisa didapatkan dengan menggunakan sistem cashless adalah meminimalisir terjadinya kecurangan. Bahkan bagi perusahaan penyedia layanan, sistem non tunai ini dapat membantu mereka memberantas terjadinya penggelapan uang. Pasalnya, dengan menggunakan kartu elektronik seperti kartu kredit atau e-money, uang yang Anda bayarkan akan langsung masuk ke perusahaan, bukan ke individu tertentu.

Meminimalisir risiko kejahatan

Segala bentuk kejahatan memang merupakan kesalahan pelaku. Namun, tak ada salahnya menjaga diri untuk meminimalisir terjadinya kejahatan karena adanya kesempatan yang muncul. Nah, membawa uang tunai dalam jumlah banyak dapat memicu terjadinya kejahatan tersebut, misalnya pencurian atau pencopetan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir terjadinya kejahatan tersebut adalah dengan menggunakan uang elektronik. Jika misalnya uang elektronik hilang, Anda bisa langsung melakukan blokir dengan menghubungi pihak bank sehingga uang yang tersimpan di dalamnya tetap aman.

Banyak penawaran promo menarik

Demi menyukseskan gerakan non tunai dari pemerintah ini, sekarang banyak sekali merchant atau tenant yang menawarkan promo menarik. Bentuk promonya pun bermacam-macam, mulai dari diskon hingga cashback. Tujuannya tentu agar konsumen tertarik beralih menggunakan uang elektronik. Pasalnya, agar bisa mendapatkan promo tersebut, biasanya konsumen diharuskan melakukan pembayaran dengan sistem cashless.

 

Dengan berbagai kelebihan sistem cashless di atas, apa sekarang Anda masih ragu untuk melakukan pembayaran menggunakan uang elektronik?

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.