Tak Hanya Premi, Inilah 4 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Memilih Asuransi

5 Juni 2018 | 04:37

Jika membaca artikel ini, kemungkinan besar Anda tertarik untuk mendaftar asuransi dan sedang memilih asuransi mana yang paling tepat dengan kebutuhan Anda. Dalam memilih asuransi, premi tentu menjadi salah satu hal utama yang dipertimbangkan. Premi adalah biaya yang harus Anda bayarkan dalam jumlah tertentu setiap bulannya kepada pihak asuransi sebagai bentuk kewajiban.

Namun, premi bukan satu-satunya hal yang penting diperhatikan sebelum memilih asuransi. Masih ada beberapa hal lain yang tak kalah penting. Berikut penjelasannya.

 

 

 

 

Manfaat yang sesuai kebutuhan

 

Beda perusahaan asuransi, tentu berbeda pula cakupan atau manfaat layanan yang ditawarkan. Nah, dengan pertimbangan yang tepat, Anda bisa memilih asuransi yang memberikan manfaat sesuai kebutuhan. Misalnya, untuk asuransi kesehatan, manfaat yang seharusnya wajib ada adalah rawat inap dan rawat jalan. Nah, biasanya pihak asuransi pun akan memberi penawaran lagi, apakah Anda ingin mendapatkan kedua jenis manfaat tersebut secara penuh atau hanya sebagian.

Tentu manfaat yang diambil secara penuh dapat memberikan proteksi lebih. Namun, jangan asal ambil begitu saja. Pasalnya, jenis manfaat yang Anda ambil akan berpengaruh terhadap jumlah premi yang dibayarkan nanti. Jadi, pertimbangkan benar-benar kebutuhan Anda dan sesuaikan dengan jenis manfaat tersebut.

Detail pada polis asuransi

Polis adalah kontrak antara pihak pemohon asuransi dan perusahaan asuransi. Kontrak ini mengatur jumlah premi yang harus Anda bayarkan, jatuh tempo pembayaran premi, dan berbagai ketentuan lainnya terkait keanggotaan asuransi. Setidaknya ada dua jenis polis yang biasanya ditawarkan oleh perusahaan asuransi, yaitu asuransi berjangka dan asuransi permanen.

Asuransi berjangka inilah yang biasanya paling sering ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Pada asuransi berjangka, perusahaan asuransi menyusun ketentuan premi berdasarkan kemungkinan bahwa Anda sebagai pihak tertanggung akan meninggal dunia dalam jangka waktu tertentu, misalnya 20-30 tahun. Sedangkan asuransi permanen sebetulnya menggunakan mekanisme penyusunan premi yang sama, hanya saja asuransi permanen juga menerapkan sistem tabungan yang juga disebut sebagai nilai tunai.

Jumlah rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi

Hal satu ini wajib diperhatikan bagi Anda yang sedang mencari asuransi kesehatan. Sebaiknya pilihlah perusahaan asuransi yang bekerja sama dengan jaringan rumah sakit yang luas. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa memilih asuransi yang punya jaringan rumah sakit dekat dengan lokasi tempat tinggal atau tempat kerja Anda.

Jangan sampai jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda justru kesusahan mencari rumah sakit karena jaringan rumah sakit pihak asuransi terletak di daerah yang sulit dijangkau atau jumlahnya terlalu sedikit.

Cakupan biaya yang dibutuhkan

Idealnya, perusahaan asuransi tak hanya memberikan perlindungan terhadap Anda sebagai tertanggung, tetapi juga keluarga. Jadi, jika seandainya Anda meninggal, pihak asuransi akan memberikan sejumlah uang kepada keluarga Anda, yang disebut juga dengan klaim Death benefit.

Jumlah uang tersebut tentu berbeda-beda, tergantung dari kesepakatan antara pihak tertanggung dan perusahaan asuransi. Salah satu cara untuk menentukan jumlah tersebut adalah dengan mengalikan gaji tahunan sebanyak delapan kali. Bisa juga mengalikan gaji tahunan Anda dengan jumlah tahun terisi sebelum keuntungan pensiun mulai bisa dinikmati.

Tak hanya premi, keempat hal di atas juga penting Anda pertimbangkan saat memilih asuransi. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda pun bisa mendapatkan asuransi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

 

 

 

 

Rekomendasi