7 Kiat Sukses yang Bisa Anda Lakukan Agar Perjalanan Solo Traveling Maksimal

2 Agustus 2018 | 00:04

Jika selama ini Anda melakukan traveling bersama keluarga atau teman, sebaiknya Anda perlu mencoba untuk solo traveling. Akan ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan. Selain itu membuat diri menjadi lebih tangguh dan mandiri. Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan solo traveling, sebaiknya lakukan 7 kiat sukses berikut agar  perjalanan makin maksimal.

 

Persiapkan Diri Sebaik Mungkin

Solo traveling memerlukan kondisi fisik dan mental yang prima. Untuk itu, penting bagi Anda mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari. Mulai dari menjaga kesehatan, mempersiapkan barang hingga mengatur budget.

Bawalah barang yang Anda anggap penting dan diperlukan selama perjalanan. Seperti gadget, charger, pakaian secukupnya dan obat-obatan. Tak kalah penting adalah dokumen dan identitas diri Anda. Jika akan melakukan solo traveling ke luar negeri perhatikan kembali paspor dan visa, kartu kredit serta kelengkapan lainnya.

Foto Identitas Diri dan Dokumen Penting Saat Diperlukan

Anda tentu tidak ingin hal buruk terjadi selama melakukan solo traveling bukan? Meski begitu, tetap harus selalu waspada dan berjaga-jaga. Lebih baik Anda memfoto semua dokumen dan data penting seperti KTP, paspor, visa, tiket pesawat atau kereta dan dokumen penting lainnya. Lalu unggah ke email pribadi serta orang terdekat. Ini untuk mengantisipasi apabila di tengah perjalanan dokumen tersebut hilang, Anda masih memiliki cadangannya sebagai bukti bila diperlukan.

Selalu Ikuti Perkembangan Tempat yang Akan Dikunjungi

 

Mengikuti berita aktual tentang tempat atau negara tempat yang akan dikunjungi juga perlu. Hal ini untuk memberikan informasi kepada Anda apabila sewaktu-waktu terjadi perubahan situasi. Semisal konflik, perubahan cuaca ekstrem dan hal tak terduga lainnya. Dengan begitu, Anda bisa lebih mempersiapkan diri lagi menghadapi sesuatu.

Pasang Aplikasi Penting dan Membantu di Ponsel

Di era dengan perkembangan teknologi seperti sekarang membuat perjalanan jadi makin mudah. Misalnya saja ika dulu Anda harus membuka peta untuk mengetahui suatu tempat, kini dengan satu sentuhan Anda bisa menemukan lokasi yang Anda tuju dengan aplikasi Maps. Itu adalah contoh mengenai aplikasi yang memudahkan perjalanan.

Anda juga bisa memasang aplikasi penting lain di ponsel seperti aplikasi untuk booking hotel dan akomodasi. Bila ke luar negeri dan di negara yang dituju memiliki media sosial sendiri, tak ada salahnya pula Anda memasangnya demi kemudahan dalam berkomunikasi.

Bangun Interaksi dengan Warga Setempat

Anda tidak bisa terus menerus mengandalkan ponsel atau gadget selama perjalanan. Disaat inilah perlu untuk membangun interaksi dengan warga setempat. Awalilah dengan komunikasi yang baik dan hangat. Galilah informasi sebanyak mungkin untuk mempermudah Anda. Dari interaksi ini Anda akan menemukan banyak hal baru tentang tempat-tempat menarik, budaya masyarakat dan sebagainya.

Pelajari Budaya Masyarakat Tempat yang Dikunjungi

Lain ladang lain belalang, beda tempat beda pula budaya masyarakatnya. Bagi Anda yang akan melakukan solo traveling ke tempat baru, sebaiknya pahami dahulu budaya masyarakatnya. Anda bisa gali informasi melalui buku, majalah dan internet.

Dengan mempelajari budaya setempat kita lebih mengetahui mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan di tempat tujuan. Kesalahpahaman pun bisa dihindari. Bayangkan bila Anda melakukan hal yang dilarang oleh masyarakat setempat dan bisa berakibat buruk. Alih-alih traveling menyenangkan justru mendapatkan masalah baru.

Utamakan Keselamatan

Solo traveling sangatlah berbeda dengan traveling bersama keluarga atau teman. Anda harus melakukan segala sesuatunya sendiri. Karena itulah keamanan dan keselamatan diri sendiri wajib dijaga. Hindari memakai perhiasan mencolok, simpan dengan rapi barang berharga di tempat yang aman. Jangan ragu pula untuk meminta bantuan kepada orang lain saat terjadi sesuatu. Catatlah nomor penting di buku harian. Jadi apabila sewaktu-waktu gadget Anda mati di saat darurat, Anda masih menyimpan nomor tersebut.

Nah, semoga ulasan tentang kiat sukses solo traveling diatas membantu perjalanan Anda. Pastikan pula Anda sudah menyiapkan segalanya demi kenyamanan selama perjalanan. Selamat berlibur!

 

Rekomendasi