Inilah Penyakit Tidak Menular yang Paling Berbahaya di Indonesia

4 Agustus 2018 | 04:00

Penyakit yang tidak menular meskipun tidak berbahaya bagi orang sekitar namun tetap membahayakan diri sendiri. Bila tidak segera ditangani dapat menimbulkan kematian pagi penderitanya. Ada sejumlah penyakit yang tidak menular namun sangat berbahaya. Apa saja? Inilah penyakit tidak menular yang paling berbahaya di Indonesia

Diabetes

Penyakit yang satu ini bukanlah penyakit menular. Tapi penyakit ini punya efek yang sangat membahayakan bagi penderitanya bila tidak segera diobati secara tepat. Penyakit diabetes terjadi ketika kadar gula di dalam darah meningkat tinggi dan melebihi batas normal. Peningkatan kadar gula yang tak wajar ini umumnya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan juga gangguan insulin. Penderita diabetes disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gula ataupun karbohidrat yang terlalu banyak.

Osteoporosis

Penyakit ini terjadi karena tubuh kekurangan kalsium. Hal ini menyebabkan kepadatan tulang berkurang sehingga tulang menjadi keropos. Osteoporosis sering menyerang wanita dengan usia tua. Selain itu, rokok dan alkohol bisa menjadi faktor yang menyebabkan penyakit ini terjadi. Osteoporosis tidak menular pada orang lain namun penyakit ini menimbulkan rasa nyeri yang hebat pada tulang. Hal ini dapat dicegah dengan menjaga pola hidup yang sehat sejak muda dan mengonsumsi makanan bergizi dengan nutrisi seimbang

Jantung

Penyakit jantung disebabkan oleh penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah utama yang memasok darah ke jantung (pembuluh koroner). Penyumbatan ini akibat akumulasi dari kolesterol berupa plak yang menempel di pembuluh darah. Gangguan aliran darah ke jantung dapat menghancurkan jaringan otot di jantung dan dapat berakibat fatal. Penyumbatan pembuluh darah dapat menyebabkan serangan jantung dan menyebabkan kematian penderitanya. Pola hidup tak sehat dan merusak tubuh seperti minum minuman keras dan merokok adalah pemicu penyakit jantung.

Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bukan suatu penyakit yang menular namun sangat berbahaya. Hipertensi terjadi bila kondisi tekanan darah lebih tinggi dari140/90 milimeter merkuri(mmHg). Angka 140 mmHg mengacu pada tekanan sistolik ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan 90mmHg mengacu pada diastolic ketika jantung berada dalam keadaan rileks sambil mengisi ulang biliknya dengan darah. Tekanan darah dikatakan normal bila berada pada angka berkisar 120/80 mmHg.

Kanker

Salah satu penyakit tak menular yang mematikan adalah kanker. Kanker ditandai dengan pertumbuhan sel dalam tubuh secara tidak terkendali dan informasi genetik sel dalam rantai DNA mengalami kerusakan. Mutasi sel bisa terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat dan bisa juga faktor genetis. Mutasi sel sangat berbahaya bagi tubuh karena sel kanker dapat membentuk jaringan tumor punya kemampuan untuk menyusup dan merusak sel-sel sehat di dalam tubuh. Kanker dibagi sesuai dengan organ tempat asal jaringan kanker berkembang. Seperti kanker paru, kanker payudara dan kanker lainnya.

Jika Anda mengalami gejala dari salah satu penyakit diatas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Anda juga dapat mengurangi risiko dengan mendaftarkan diri dan keluarga Anda dengan asuransi kesehatan yang mampu memproteksi masa depan kesehatan Anda dan keluarga. Misalnya asuransi kesehatan dari COMMLIFE yang menawarkan berbagai kemudahan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Rekomendasi