Simak 4 Gunung di Indonesia yang Cocok untuk Pendaki Pemula

6 Agustus 2018 | 19:54

Indonesia menjadi negara yang sangat beruntung karena berada di salah satu wilayah ring of fire atau cincin api. Konsekuensi yang harus dihadapi, di wilayah Indonesia banyak sekali terdapat gunung api yang aktif dan cukup berbahaya bagi warga sekitar jika sudah meletus. Walaupun demikian, ada keuntungan yang didapat oleh Indonesia, yaitu wisata alam gunung yang sangat indah. Jadi, wajar jika sekarang banyak sekali orang mulai suka mendaki gunung.

Bagi Anda yang mulai suka naik gunung tetapi takut tidak siap menghadapi ketinggian gunung, sekarang kami akan menjelaskan empat gunung di Indonesia yang paling mudah didaki dan cocok untuk pendaki pemula. Gunung mana saja itu?

Gunung Papandayan, Garut

Gunung pertama yang sangat cocok untuk Anda daki adalah Gunung Papandayan yang ada di Garut, Jawa Barat. Gunung ini berada di ketinggian 2,665 meter di atas permukaan laut (mdpl), tidak terlalu tinggi. Selain itu, Gunung Papandayan juga memiliki track yang cukup tricky. Awalnya Anda akan disuguhi pendakian yang cukup curam selama beberapa meter, tetapi kemudian Anda akan menemukan jalanan yang cukup landai.

Selain itu, di Gunung Papandayan Anda juga bisa melihat beberapa kawah yang sangat indah. Total ada empat kawah di gunung ini, yaitu Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Jadi, Anda bisa menikmati keindahan dari kawah ini. Bahkan Anda juga bisa menikmati Tegal Alun yang berisi bunga edelweiss yang sangat indah.

Gunung Nglanggeran, Gunungkidul Yogyakarta

Selanjutnya ada Gunung Nglanggeran yang berada di Gunungkidul Yogyakarta. Gunung ini sangat imut, hanya berada di ketinggian 700 mdpl dan cukup menghabiskan satu jam untuk mendakinya. Tetapi jangan salah sangka, jalanan dari gunung ini cukup berbahaya karena terdapat bebatuan karang yang curam dan tajam. Walaupun begitu, Anda harus tetap berhati-hati ya ketika menaiki gunung ini.

Sebenarnya Gunung Nglanggeran ini merupakan gunung karst yang tercipta karena meletusnya sebuah gunung di sekitarnya. Jadi, hampir sebagian besar gunung ini adalah bebatuan. Untuk menuju ke Gunung Ngalanggeran, dari Yogyakarta cukup membutuhkan waktu satu jam perjalanan.

Gunung Prau, Dieng

Gunung Prau berada di wilayah Dieng, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki puncak yang sangat luas, jadi banyak sekali para pendaki yang melakukan camp di sini. Gunung Prau sendiri berada di ketinggian 2565 mdpl dan memiliki jalur pendakian yang cukup sulit. Untuk Anda yang pertama kali naik gunung, kami sarankan untuk mendaki secara berkelompok, ya.

Setelah mengalami pendakian yang cukup sulit, kelelahan Anda akan terbayarkan karena puncak gunung ini sangatlah indah. Di puncak Gunung Prau ini, Anda bisa melihat beberapa puncak gunung lain seperti Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Gunung Ijen, Bondowoso Jawa Timur

Gunung yang tidak terlalu tinggi lainnya yang bisa Anda daki adalah Gunung Ijen. Dengan ketinggian 2443 mdpl, Anda tidak perlu kesusahan mendaki karena beberapa jalur pendakian di gunung ini sudah diaspal. Ketika naik gunung ini, Anda akan mendapatkan pemompa semangat karena saat mendaki Anda akan melihat beberapa pekerja yang membawa belerang. Jangan lupa untuk menikmati blue fire yang ada di kawah Gunung Ijen, ya. Sebagai tips, naiklah pada saat dini hari agar bisa mendapatkan blue fire dan tidak tertutup kabut.

Itulah keempat gunung di Indonesia yang tidak terlalu tinggi dan cocok untuk pemula. Semoga liburan Anda menyenangkan.

 

Rekomendasi