Kapankah Mulai Mencicil Rumah?

6 Juli 2017 | 12:40

Kapankah sebaiknya kita mulai mencicil rumah? Apakah dimulai sejak kita mendapatkan pekerjaan pertama kita? Ataukah setelah kita menikah? Atau justru ketika sudah berusia 40 tahun?
 
CEO Mitra Rencana Edukasi sekaligus Perencana Keuangan, Mike Rini Sutikno, seperti dilansir dari Rumah.com mengungkapkan bahwa usia produktif adalah saat paling tepat untuk mulai mencicil rumah. Usia produktif berada di rentang usia 20 – 30 tahun. Pada usia ini adalah usia di mana seseorang masih muda sehingga memiliki banyak tenaga untuk bekerja dan menghasilkan karya.
 
Ketika seseorang mendapatkan pekerjaan pertamanya, maka sebaiknya sejak saat itu dia sudah harus menyisihkan sebagian dari gajinya untuk ditabung membeli rumah. Jangan habiskan gaji untuk membeli barang-barang yang tidak kita butuhkan. Lebih baik menyisihkan penghasilan ke dalam bentuk investasi emas atau reksadana agar dananya nanti bisa digunakan untuk membayar uang muka.
 
Langkah selanjutnya, pilihlah KPR dari bank yang memberikan tawaran terbaik, seperti bunga ringan. Angsuran tiap bulannya jangan sampai melebihi 30% atau sepertiga dari gaji Anda. Dengan rasio hutang 30% gaji Anda tidak akan habis hanya untuk membayar hutang. Anda masih bisa mengalokasikan gaji Anda untuk keperluan Anda yang lain. Namun, jika rasio hutang Anda melebihi angka 30% maka kecil kemungkinan pengajuan kredit Anda akan diterima.
 
Kenapa kita sebaiknya mencicil rumah pada usia produktif? Alasannya, menurut Mike, karena di usia ini, Anda bisa memiliki tabungan jangka panjang yang akan menghasilkan nilai jual investasi yang lebih tinggi. Artinya, mencicil rumah  di usia muda seperti memiliki tabungan jangka panjang yang nilainya nanti bisa lebih tinggi. Karena rumah merupakan instrumen investasi yang cukup menggiurkan. Selain itu, rumah juga bisa Anda sewakan agar dapat memberikan penghasilan pasif untuk Anda.
 
Lain halnya jika Anda mencicil rumah pada usia 40 tahun. Karena pada usia ini pengeluaran semakin besar, kebutuhan semakin banyak, fisik yang melemah, dan pengeluaran tidak terduga lainnya yang membuat Anda sedikit kesulitan untuk menabung. Meski demikian, memiliki rumah merupakan hal wajib bagi Anda yang masih berusia produktif dan Anda yang berusia matang, baik laki-laki maupun perempuan.
 

Dibutuhkan komitmen yang sangat kuat ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah. Sekarang sudah waktunya Anda menabung sebagian dari gaji Anda dan investasikan uang tersebut sampai nanti uangnya terkumpul untuk Anda membayar uang muka rumah yang Anda inginkan. Selamat menabung! 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.