Alasan Harga Properti Tak Pernah Turun

6 Juli 2017 | 12:47

Harga properti yang selalu meningkat tiap tahunnya dan tidak pernah turun membuat generasi millenials sekarang ini semakin kesulitan untuk memiliki rumahnya sendiri. Sebenarnya apa saja sih yang menyebabkan harga properti tidak pernah turun?
 

1.     Lahan Terbatas

Kebutuhan akan tempat tinggal terus meningkat, namun sayangnya hal ini tidak dibarengi dengan banyaknya ketersediaan lahan. Terbatasnya lahan membuat penawaran akan rumah pun terbatas. Hal ini terkait dengan hukum penawaran dan permintaan di mana ketika banyak permintaan sementara penawaran terbatas, maka harga akan naik.
 

2.     Pertumbuhan penduduk

Poin ini terkait dengan nomor satu di atas. Jumlah penduduk terus meningkat dan itu menandakan kebutuhan akan rumah juga ikut meningkat.
 

3.     Lokasi

Rumah yang berada di lokasi strategis tentunya akan membuat harganya semakin mahal. Sebuah kawasan dapat dikatakan sebagai lokasi strategis jika dekat dengan lokasi perkantoran, pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit, tempat ibadah, dan lain sebagainya.
 

4.     Inflasi

Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti meningkatnya permintaan barang, naiknya biaya pengadaan barang dan jasa, dan karena kebijakan pemerintah. Dan inflasi turut mempengaruhi harga properti yang selalu naik.
 

5.     Investasi

Properti memang menggiurkan untuk dijadikan instrumen investasi. Harganya terus naik dan bisa memberikan keuntungan yang menggiurkan. Orang-orang pun berbondong membeli properti untuk investasi, bukan untuk sebagai tempat tinggal. Akibatnya permintaan pun meningkat. Pola pikir orang-orang yang ingin memiliki properti sebagai investasi dan bukannya untuk ditinggali menjadi salah satu faktor naiknya harga properti. Spekulasi seperti ini yang membuat harga properti bisa naik gila-gilaan.
 

6.     Harga bahan baku

Inflasi juga membuat harga bahan-bahan dasar properti mengalami kenaikan, seperti pasir, batu bata, tanah, semen, paku, dan lain-lain. Tentunya hal tersebut mempengaruhi biaya produksi dan pada akhirnya meningkatkan harga jual properti.
 

7.     Kemudahan bank memberi kredit

Hampir semua bank memiliki program KPR yang menggiurkan. Kemudahan ini dimanfaatkan oleh mereka yang ingin memiliki properti. Pada akhirnya membuat semakin banyak permintaan di pasar properti.
 

Bagi Anda yang sedang mencari properti, jangan berkecil hati jika sudah mengetahui harga properti yang Anda incar. Tetap cari info sebanyak mungkin, rencanakan keuangan Anda dengan baik, dan semoga Anda bisa dengan segera memiliki properti impian Anda. 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.