Cara Mudah Mendapatkan Modal Bisnis

9 Juli 2017 | 20:31

 
Apa yang pertama kali terpikir saat Anda memutuskan untuk membuka usaha sendiri? Ya, modal usaha yang cukup. Tanpa modal, sebuah rencana usaha sepertinya akan sulit terwujud. Besar atau tidaknya modal tergantung pada jenis usaha yang akan dibangun.
 
Namun, mencari modal usaha tidaklah sesulit beberapa tahun lalu yang hanya melalui jalur konvensional seperti bank.  Kini, banyak cara untuk memperoleh modal usaha. Cek cara-cara mudah ini agar secepatnya mendapatkan modal usaha.
 

1. Meminjam di bank

Saat ini, bank sudah menerapkan sistem kredit yang mudah bagi siapa saja yang ingin mendirikan usaha. Nah, Anda bisa memilih jenis pinjaman yang sesuai dengan atau tanpa agunan. Perhatikan suku bunga yang dibebankan. Lebih baik ambillah tenor (jangka waktu pinjaman) yang tidak terlalu lama.
 

2. Meminjam di pegadaian

Pegadaian juga menyediakan layanan peminjaman uang dengan bunga yang kompetitif. Kelebihan dari peminjaman dana usaha di Pegadaian ialah prosesnya lebih sederhana dan persyaratan yang tidak rumit. Dana usaha yang diberikan pun sangat membantu pengembangan usaha Anda.
 

3. Menjual aset

Jika kebetulan Anda memiliki aset yang cukup bernilai dan bisa dijual, seperti properti, kendaraan bermotor, atau emas, maka bisa menjadi solusi. Menjual aset tidak akan membebani Anda, karena Anda tidak perlu memikirkan cicilan dan bunga yang harus disetor setiap bulannya.
 

4. Patungan atau joint venture

Patungan modal untuk mendirikan usaha bisa dilakukan dengan teman, saudara, atau rekan kerja Anda. Semua keuntungan dan kerugian dalam usaha akan dibagi sama rata dan ditanggung kedua belah pihak. Ingat, buat perjanjian yang jelas kalau saja terjadi konflik di masa mendatang.
 

5. Franchise atau waralaba

Sistem franchise ialah usaha kerja sama antara pemilik usaha dengan pelaku usaha. Semua fasilitas usaha akan disediakan oleh si pemilik usaha untuk kemudian dijalankan oleh pelaku usahanya. Pembagian keuntungan sendiri ditentukan berdasar kesepakatan antara kedua belah pihak.
 

6. Crowdfunding

Dengan sistem ini, Anda hanya perlu memasang sponsor atau iklan di website tertentu untuk kemudian “minta didanai” pengunjung website atau siapa saja yang berminat untuk menyumbangkan uangnya. Sebagai timbal balik, Anda akan memberikan reward kepada mereka yang sudah menyumbang sesuai dengan peraturan dalam situs crowdfunding yang Anda pakai.

Setelah berhasil mendapatkan modal, berani untuk segera memulai usaha? Atur strategi dan jangan gegabah ya.  

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.