Bijak Kelola Kartu Kredit

14 Juli 2017 | 10:40

Ada banyak kemudahan yang ditawarkan kartu kredit dalam berbelanja. Ya, kartu ini menjadi kebutuhan, terutama bagi Anda yang tidak suka memegang uang tunai. Mengapa? Karena Anda bisa berbelanja tanpa harus memiliki uang di rekening ataupun di dompet. Mulailah belajar untuk cerdas menggunakan kartu kredit.
 
Kenikmatan dan kemudahan yang ditawarkan sering kali membuat Anda lupa dengan kondisi keuangan. Saking mudah dan menguntungkannya, Anda jadi terbuai dan akhirnya terlilit utang. Inilah yang menjadi sumber masalah di kemudian hari. Lalu, seperti apa penggunaan kartu kredit yang cerdas?
 

Pahami Syarat dan Ketentuan

Banyak kasus pemilik kartu kredit merasa dibebani oleh bunga. Padahal penghitungan bunga itu sudah sesuai dengan ketentuan bank. Pastikan Anda mengetahui besaran biaya tambahan yang harus dibayar.
 

Buatlah Sesuai Kebutuhan 

Kartu kredit sering bekerja sama dengan supermarket untuk menarik nasabah dan memberikan kenikmatan. Jika Anda lebih menyukai fashion, misalnya, buatlah kartu kredit yang banyak memberikan promo di outlet-outlet fashion.
 

Miliki Maksimal Dua Kartu

Semakin banyak kartu kredit, semakin besar kemungkinan Anda menggunakannya sampai-sampai menghasilkan utang. Semakin banyak utang, semakin berat pula Anda harus membayarnya. Jadi, jangan terlalu banyak memiliki kartu kredit, ya.
 

Atur Limit

Setiap kartu kredit memiliki limit yang bisa Anda tentukan sesuai kemampuan dan kebutuhan Anda. Tentukan satu kartu kredit dengan limit kecil agar pengeluaran bisa lebih diatur, dan satu lagi dengan limit lebih besar untuk berjaga-jaga jika diperlukan.
 

Tentukan Budget Pemakaian

Usahakan untuk menggunakan kartu di bawah limit yang sudah ditentukan. Besarnya limit bukan menunjukkan Anda harus menggunakannya sampai batas maksimal. Jangan menggunakan kartu kredit hingga melebihi limit karena Anda akan dikenakan denda.
 

Pikir panjang Sebelum Belanja 

Berpikir panjang sebelum belanja karena tidak jarang Anda membeli sesuatu hanya karena keinginan, sementara sebenarnya Anda tidak benar-benar membutuhkan. Nah, sebelum menggunakan kartu kredit untuk memuaskan hasrat belanja, pikir panjang dulu ya.
 

Pantau dan Pakai Point Reward

Setiap berbelanja, poin Anda akan bertambah. Jumlah poin yang sudah terkumpul dapat ditukarkan dengan barang atau promo menarik. Penukaran poin ini tentu salah satu keuntungan bukan? Namun, Anda harus teliti dan jeli dalam memantau dan menggunakan point reward.  
 

Sadari kemampuan keuangan Anda dan gunakanlah kartu kredit secara bijak ya. 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.