Mengambil KPR atau Membangun Rumah Sendiri?

14 Juli 2017 | 11:14

Mungkin pertanyaan ini yang terpikir saat Anda berencana untuk tinggal di rumah sendiri. Nah untuk memiliki rumah sendiri, ada beberapa pilihan. Anda ingin mengambil KPR atau membangun rumah sendiri? Setiap pilihan memiliki konsekuensi. Ada plus-minus yang disesuaikan dengan keinginan dan konsep hidup bermukim Anda dan pasangan.
 

Mengambil KPR

KPR adalah suatu proses pembangunan rumah yang melibatkan Anda, developer, dan bank di mana pembangunan tersebut telah direncanakan oleh developer. Anda diharuskan untuk membayar dana kepada pihak developer yang akan membangun rumah, dan bantuan dana diperoleh dari pihak bank.
 

Keuntungan

  1. Fasilitas sudah tersedia. Jalan yang rapi, keamanan lingkungan, pertokoan, dan saluran pembuangan air sudah tersedia.
  2. Lingkungan yang baik. KPR yang dijalankan oleh pihak developer dan bank biasanya berada di wilayah strategis. Ingat, hal itu berpengaruh pada tetangga dan lingkungan sekitar.
  3. Tidak membutuhkan banyak dana
  4. Perkiraan dana awal sekitar Rp20 juta tergantung tipe rumah dan bahan material untuk membangun rumah. Dana tersebut tentu cukup ringan untuk Anda. 

Kerugian

  1. Kualitas rumah yang buruk. Banyak perumahan yang retak, tembok yang miring, dan lantai tidak rata. Saat pembangunan, material yang digunakan tidak sesuai dengan perjanjian tertulis.
  2. Kredit yang lama sampai bertahun-tahun. Bayangkan, tiap bulan Anda dikenakan biaya selama jangka waktu 10 tahun, 15 tahun, 20 tahun, bahkan sampai 30 tahun.

Membangun Rumah Sendiri

Dengan membangun rumah sendiri, ada kepuasan saat menjalani proses pembuatan dan melihat hasil rumah. Saat proses pembangunan, banyak ilmu dan pengalaman yang akan Anda ketahui. Dan setelah selesai, rumah pun jadi kebanggaan sendiri.
 

Keuntungan

  1. Kualitas rumah sesuai keinginan Anda. Dengan membuat rumah sendiri, Anda dapat merencanakan bentuk dan kualitas rumah.
  2. Tidak diberatkan dengan biaya yang berkepanjangan. Membangun rumah sendiri hanya membutuhkan dana sekali. Jadi, Anda tidak diberatkan dengan aturan KPR tersebut.
  3. Banyak ilmu, pengalaman, dan kebanggaan saat membangun rumah sendiri.
Kerugian
  1. Membutuhkan dana yang banyak. Tidak sedikit dana yang dibutuhkan, seperti untuk membeli material dan membayar tukang.
  2. Sulit mencari tanah untuk rumah. Tanah untuk rumah menjadi langkah awal membuat rumah sendiri. Carilah tanah yang baik.
  3. Fasilitas lain yang harus dipikirkan. Saluran pembuangan air,  pembuangan sampah, dan  akses untuk membeli kebutuhan sehari-hari harus dipikirkan.
Keputusan apa yang akan Anda ambil? Pikirkan juga pendapatan dan pengeluaran Anda ke depan serta tabungan tentunya. 
 
 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.