Mencegah Cyberbullying

14 Juli 2017 | 11:26

 
Menurut penelitian UNICEF, sebagaimana dilansir oleh situs resminya: unicef.org, 70% dari anak-anak Indonesia pengguna Internet menggunakannya untuk berinteraksi dengan teman online. Terlepas dari berbagai manfaatnya, interaksi dunia maya ini juga berpotensi menimbulkan efek buruk bagi anak. Salah satunya, potensi menjadi korban maupun pelaku cyberbullying.
 
Menurut wikipedia.com, cyberbullying adalah segala bentuk kekerasan (diejek, dihina, diintimidasi, atau dipermalukan) yang dialami anak atau remaja dan dilakukan teman seusia mereka melalui dunia maya atau Internet.
 
Melindungi anak-anak kita dari cyberbullying butuh peran berbagai pihak. Artikel ini, memaparkan apa yang harus dilakukan oleh anak-anak, khususnya remaja dan orang tua serta pihak sekolah untuk mencegah cyberbullying.
 

Orangtua dan Guru (Sekolah)

1.     Cegah bullying sebelum terjadi. Ajak anak diskusi tentang bullying dengan tujuan untuk mencegah anak menjadi pelaku maupun korban. Mereka mungkin tidak tahu bahwa beberapa perilaku mereka di Internet bisa masuk dalam kategori cyberbullying. Di sisi lain, mereka juga perlu bisa menyikapi dengan tenang saat ada yang melakukan cyberbullying kepada diri mereka. Gambarkan risiko ini ke anak agar mereka tidak kaget dan tahu harus berbuat apa saat mengalaminya.
 
2.     Buat rumah Anda bebas bully.Anak belajar  dari apa yang mereka alami sehari-hari. Bila Anda membiarkan sesama anggota keluarga di rumah melakukan bullying, ini berpotensi membuat anak merasa bahwa itu perilaku yang dibolehkan. Mereka boleh jadi tidak tahu bahwa itu menyakitkan bagi korban. Buat aturan secara sadar bersama seluruh anggota keluarga untuk tidak melakukan bullying satu sama lain.
 
3.     Peka pada masalah harga diri. Anak-anak yang memiliki masalah dengan harga diri atau dalam mencintai diri mereka, berpotensi tinggi untuk menjadi pelaku bullying. Ini karena mengintimidasi orang lain memberikan rasa pembuktian diri yang membuat kecanduan. Apa saja tanda-tanda harga diri yang rendah? Anda dapat melihat di situs healthychildren.org untuk rincian gejalanya. Atasi sesuai tanda-tanda yang muncul. Orangtua dan guru dapat berkonsultasi dengan psikolog untuk mendapat saran profesional terkait hal ini.
 
4.     Bullying juga membuat harga diri anak korban menurun. Bila anak Anda menjadi korban, besar kemungkinan mereka juga akan mengalami masalah dengan harga diri. Anda perlu sensitif melihat perubahan pada anak Anda dan ajak mereka terbuka menceritakan apa yang dialami di sekolah atau di luar rumah yang boleh jadi termasuk bullying.
 

Anak

Anak juga dapat berperan mencegah cyberbullying dengan beberapa hal berikut ini:
1.     Melaporkan cyberbullying pada orangtua dan guru. Buat situasi yang aman di rumah maupun sekolah untuk anak agar bersedia melaporkan cyberbullying yang mereka alami maupun mereka amati. Beberapa  anak mungkin khawatir gawai mereka diambil orangtua atau guru bila melaporkan cyberbullying. Yakinkan pada mereka itu tidak akan terjadi, kecuali sangat menyangkut keamanan.
 
2.     Jangan memulai atau melakukan cyberbullying.Tekankan pada anak bahwa sering kali cyberbullying terjadi sebagai rangkaian balas-membalas di antara mereka dan teman atau orang yang tidak dikenal di Internet. Ajari anak untuk tidak memulai atau pun membalas cyberbullying.
 
Mari bersama hentikancyberbullying!

 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.