Museum Terbaik di Indonesia, Wajib Kunjung!

14 Juli 2017 | 12:21

 
Biasanya orang tidak tertarik datang ke museum karena dianggap membosankan dan banyak dari gedung-gedungnya kusam tak terawat. Namun, syukurlah sekarang museum-museum di Indonesia sudah banyak yang berbenah dan memperbaiki tampilan serta layanan mereka. Tertarik untuk menengok? Berikut ini beberapa museum di Indonesia yang layak untuk dikunjungi dan direkomendasikan oleh Trip Advisor, sebagaimana dilansir oleh Kumparan.com.
 
Ullen Sentalu
Museum Ullen Sentalu terletak di daerah Kaliurang, Yogyakarta. Gedungnya memiliki arsitektur vernakular yang menyatu dengan alam dan dikelilingi pepohonan yang rimbun, membuat suasana di dalam dan sekitarnya berhawa sejuk dan hening. Koleksi museum dibagi dalam beberapa ruang. Yang pertama adalah Ruang Seni dan Gamelan, kemudian terdapat ruang Guwo Selo Giri yang menjadi ruang pamer lukisan tokoh-tokoh yang mewakili 4 figur Dinasti Mataram. Di ruang Kampung Kambang terbagi terdapat koleksi batik, syair, hingga album foto kehidupan GRKay. Siti Nurul Kusumawardhani. Yang terakhir adalah Ruang Sasana Sekar Buwana dan Koridor Letja Randa yang merupakan museum outdoor. Demikian sebagaimana dideskripsikan oleh situs njogja.co.id.
 
Neka Art Museum
Sesuai dengan namanya, Neka Art Museum menyimpan dan menampilkan sejumlah koleksi lukisan, keris, dan patung yang berasa dari berbagai daerah belahan bumi nusantara. Biasanya, ada ritual-ritual khusus yang dilakukan untuk koleksi keris di museum ini, salah satunya saat Hari Raya Tumpek Landep.
 
Museum Sampoerna
Terletak di kota Surabaya, Museum Sampoerna memiliki bangunan bergaya kolonial Belanda dengan 4 pilar besar yang bertengger di depan gedung utama. Bangunan ini didirikan di abad-19 dan awalnya adalah panti asuhan yang dikelola oleh pemerintah Belanda. Lalu, pada tahun 1932 bangunan ini dibeli oleh Liem Seen Tee, pendiri Sampoerna dan dijadikan tempat pertama produksi rokok Sampoerna. Bila Anda berkunjung ke sini, Anda dapat menyaksikan dokumentasi sejarah sang pendiri Sampoerna sampai melihat langsung proses penggulungan rokok yang masih dilakukan secara manual karena sebagian dari gedung ini masih difungsikan sebagai pabrik rokok Sampoerna.
 
Museum Bank Indonesia
Satu lagi museum terbaik Indonesia yang berada di kota Jakarta, adalah Museum Bank Indonesia. Berada di jalan Pintu Besar Utara No. 3, Jakarta Pusat, museum ini didirikan untuk mengenalkan sejarah dunia perbankan kepada masyarakat Indonesia. Di museum ini, Anda juga bisa melihat replika dari ruang penyimpanan emas negara.
 
Museum Tsunami Aceh

Untuk mengenang tragedi tsunami Asia atau tsunami Aceh di penghujung 2004, pemerintah Provinsi Aceh membangun Museum Tsunami Aceh sebagai sarana 'napak tilas' kejadian Tsunami Aceh 2004. Museum ini diresmikan pada tahun 2008. Saat memasuki museum ini Anda akan merasa seolah-olah dibawa kembali ke masa-masa terjadinya tsunami 2004. Di dalamnya juga dipenuhi foto-foto kondisi Banda Aceh setelah diterjang gelombang laut. 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.