Tips Membangun Personal Branding

14 Juli 2017 | 13:49

Personal branding adalah proses membangun citra positif dan profesional terkait nama atau karir seseorang. Anda menggunakan citra ini untuk mengekspresikan dan mengomunikasikan pada dunia luar tentang keterampilan, kepribadian, dan nilai Anda di dunia kerja dan bisnis. 
 
Bukan itu saja, personal branding juga menyangkut apa yang unik dan menonjol serta membedakan Anda dengan individu-indvidu lain yang menawarkan hal serupa.
 
Lalu, jika memang personal branding itu sangat dibutuhkan, bagaimanakah cara kita membentuknya?
 
Berikut adalah sepuluh tips singkat yang dapat membedakan kita dari yang lain untuk mulai membangun personal branding sebagaimana dianjurkan oleh Reza Setiawan di situs marketplus.com.
 
1. Bila memasukan foto profil diri pada jejaring sosial, gunakan foto yang mencerminkan diri Anda sebenarnya yang akan mendukung dan membantu dalam menciptakan brand. Bila memungkinkan gunakan foto hasil bidikan seorang fotografer profesional dan usahakan untuk berpenampilan rapi.
 
2. Gunakan nama yang konsisten pada semua jejaring sosial sehingga nama tersebut akan selalu melekat kepada diri Anda.
 
3. Rencanakan secara matang goal/hasil akhir yang ingin dicapai dalam pembentukan brand Anda yang ingin dikenal oleh publik.
 
4. Jadilah seorang ahli dalam bidang maupun industri Anda. Jika anda belum memiliki kemampuan tersebut, segeralah kuasai. Kini semakin banyak kesempatan untuk memperkaya diri dengan beragam ilmu melalui webinar (seminar online) yang diberikan secara cuma-cuma oleh beragam institusi.
 
5. Posisikan diri Anda secara strategis di pasar, cari kesempatan baik untuk tampil beda dan mudah diingat.
 
6. Ciptakan sebuah situs profesional personal Anda seperti pada akun profesional LinkedIn atau sejenisnya.
 
7. Berikan informasi yang lengkap dan akurat mengenai diri Anda. Hal itu sangat penting bagi prospek bisnis Anda kedepan sekaligus untuk mendapatkan gambaran singkat mengenai siapa Anda.
 
8. Berikan selalu informasi menarik bila memungkinkan, ciptakan blog dan tawarkan informasi menarik kepada para pembaca Anda. Melalui informasi yang tersedia, pembaca akan mencari Anda jika membutuhkan informasi lebih lanjut.
 
9. Ikut berpartisipasi dalam beberapa kegiatan sosial yang sesuai dengan brand yang ingin Anda bentuk. Bila memungkinkan, hadirilah konferensi atau seminar dimana Anda berkesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang baru.
 
10. Belajarlah untuk menggunakan social media secara efektif dan efisien. Saat ini social media menjadi platform bisnis yang sangat berpengaruh untuk sebuah kesuksesan.
 
Dari uraian di atas kita dapat memahami bahwa membangun personal branding membutuhkan waktu dan usaha, tapi semua akan “terbayar” pada saatnya. Personal branding adalah satu hal yang tidak dapat diambil oleh siapa pun dari Anda dan akan mengiringi Anda sepanjang karier. Ini adalah persyaratan utama yang memungkinkan orang tahu siapa Anda dan bukan itu saja, tapi juga apa yang Anda ingin capai untuk diri maupun masyarakat.
 
 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.