Pilih Perhiasan atau Logam Mulia

15 Juli 2017 | 19:14

Anda sedang bingung memilih instrumen investasi? Jangan bingung. Emas bisa Anda pertimbangkan untuk menjadi instrumen investasi Anda. Nilainya yang bisa dibilang cukup stabil dan cenderung mengalami peningkatan merupakan alasan utama yang dapat Anda pertimbangkan. Alasan lainnya adalah nilai emas kebal terhadap inflasi dan mudah dicairkan. Jika Anda terdesak membutuhkan dana, Anda tinggal menjual emas Anda dan uangnya bisa langsung Anda peroleh. Selain itu,di jaman sekarang ini akses yang semakin mudah untuk memperoleh emas merupakan nilai lebih mengapa kita sebaiknya berinvestasi emas.
 
Sebelum Anda memutuskan berinvestasi emas, setidaknya kenali dulu dua bentuk emas yang lazim untuk dijadikan investasi, yaitu emas perhiasan dan logam mulia.
 
Emas Perhiasan
 
Sudah hal jamak kaum hawa lebih menyukai menyimpan emas perhiasan karena kegunaannya yang tidak hanya sebagai investasi, melainkan juga bisa untuk meningkatkan prestise. Memakai emas perhiasan yang indah dengan model emas yang cantik tentunya dapat menunjang penampilan bagi si pemakai.
 
Namun, untuk menjadikan emas perhiasan sebagai investasi ada hal yang harus Anda perhatikan. Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi emas perhiasan berarti Anda harus mengetahui ada ongkos produksi yang cukup mahal. Biayanya sekitar 15-20% dari harga emas, bahkan ada toko yang mengenakan ongkos sampai 30%. Ketika Anda ingin menjual emas perhiasan Anda ini, toko tidak akan menghitung biaya produksi. Toko hanya akan menghitung berat emas, kadar emas, dan harga emas pada saat itu.
 
Logam Mulia
 
Investasi logam mulia dianggap lebih menguntungkan karena nilai jualnya yang stabil dan tinggi. Logam mulia cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang. Sekitar tahun 2003 nilai logam mulia di kisaran harga Rp130.000–Rp150.000 per gram, sekarang harganya sudah mencapai Rp 550.000 per gram.
 
Sekarang ini semakin mudah akses kita jika ingin berinvestasi logam mulia. Anda tidak harus datang langsung ke PT. Antam. Cukup datang ke pegadaian atau kantor pos di dekat rumah Anda. Anda bisa membeli logam mulia dalam berbagai ukuran, dari 1 gram hingga 1.000 gram dengan kadar 99,99%. Kemudahan lainnya Anda bisa membelinya dengan secara tunai, kredit, bahkan Anda bisa membuka tabungan khusus emas.
 
Sudah Menentukan Pilihan?
 

Jadi, mana yang Anda pilih: Emas perhiasan atau logam mulia? Apapun yang menjadi pilihan Anda, baik itu emas perhiasan atau logam mulia, semoga saja bisa memberikan keuntungan berlipat untuk Anda. 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.