Mahakarya Berbalut Religi

11 Maret 2017 | 00:04

St Michael d’Aiguilhe, France

Dilihat dari lokasinya yang berada di puncak jarum (aiguilhe) batuan di Le Puy In Velay, Auvergne, Gereja St Michael d'Aiguilhe tampak sangat unik. Namun sebelum didirikan bangunan di atasnya, tempat ini awalnya sebuah batu yang menjadi tempat suci dalam sejarah Romawi yang didedikasikan untuk Mercury, kemudian orang-orang kristiani membangun sebuah bangunan untuk menghormati St Michael. Pada abad ke-12 bangunan ini dipugar dan dibangun sebuah menara lonceng.

 

Borgund Stave Church, Norwegia

Gereja yang terletak di Borgund, Lærdal, Norwegia ini juga salah satu gereja yang memiliki pesona tersendiri. Dibangun antara 1180 dan 1250 M, Borgund Stave Church telah mengalami renovasi berulang-ulang karena dindingnya terbentuk dari papan kayu vertikal atau tongkat (Save). Karena itu pula gereja ini disebut "stave church".

 

The Church of Assumption,  Slovenia

Dibangun pada abad ke-17 dan dihias dengan ukiran ghotic pada bagian dindingnya, gereja ini juga memiliki 52 m ( 171 ft ) tower dan terdapat tangga Baroque dari 1655 dengan 98 tangga batu yang mengarah ke gedung. Untuk memasuki dan berkunjung ke Gereja yang berdiri disebuah pulau yang berada di tengah danau ini, Anda harus menyewa perahu Pletna di lokasi setempat untuk menyeberang.

 

Church of the Savior on Blood, Russia

Gereja ini memulai pembangunannya tahun 1883 yang diprakarsai oleh Alexander III dan selesai dibangun tahun  1907 pada masa pemerintahan Nicholas II. Pembangunan gereja yang memiliki gaya arsitektur unik ini hampir seluruhnya didanai oleh keluarga Imperial dan ribuan donatur swasta. Gereja ini juga dikenal dengan nama Church of the Savior on Spilled Blood dan the Cathedral of the Resurrection of Christ.

 

Las Lajas Cathedral, Spain

Las Lajas Cathedral merupakan gereja yang terletak di atas sungai Guaitara dan dibangun pada tahun 1949 dengan sumbangan penduduk setempat. Yang menarik dari gereja ini adalah desain dan lokasinya yang tergolong sangat unik ditambah dengan pemandangan alam sekitar yang indah menjadikan Las Lajas Cathedral salah satu gereja paling menakjubkan di dunia.

 

St. Basil’s Cathedral, Russia

Terletak di pusat kota Moskow, Rusia. Gereja dibangun atas perintah Ivan the Terrible antara tahun 1555 dan 1561 untuk memperingati penangkapan Kazan dan Astrakhan. Arsitektur bangunan terbilang cukup unik dan langka untuk sebuah gereja karena bentuk kubah yang menyerupai bentuk masjid dengan warna-warna mentereng. Ketika pertama kali selesai dibangun, gereja ini menjadi bangunan tertinggi di Moskow sampai tahun 1600.

 

Wat Arun

Wat Arun yang terletak di pesisir Sungai Chao Praya di Thonburi Barat, Bangkok lebih dikenal oleh penduduk setempat dengan nama Wat Chaeng. Inilah kuil yang paling dikenal di Bangkok, terutama karena keindahan pemandangan di sini di waktu malam. Wat Arun  yang berarti Kuil Mentari Terbenam berdesain arsitektur unik dan berbeda dengan kuil-kuil lain di Thailand. Bentuk atapnya yang melingkar ke atas dengan warna keemasan terlihat megah di tengah siraman cahaya lampu di malam hari, yang memantul ke permukaan air Sungai Chao Praya.

 

Candi Prambanan

Candi yang juga dikenal sebagai Candi Rara Jonggrang adalah candi Hindu dari abad 9 yang berdiri di Jawa Tengah dan didedikasikan untuk Trimurti sebagai penghormatan untuk Brahma, Wishnu dan Shiwa. Candi ini terletak 17 km di timur laut Jogjakarta. Candi yang telah menjadi Situs Warisan Budaya UNESCO ini terbilang salah satu candi terbesar di Asia Tenggara dan kerap menjadi arena pertunjukan sendratari kolosal.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.