Dengarkan "Alarm" Tubuh

11 Maret 2017 | 00:19

Dengar “Alarm” Tubuh

 

Tubuh memiliki “alarm” sendiri yang mampu memberi isyarat saat terdapat kondisi kurang baik. Seperti apa sinyal tubuh yang sering kita abaikan itu?


Haus Terus

Cuaca sejuk, tubuh tidak berkeringat, tapi merasa selalu haus? Bisa jadi hal ini akibat reaksi alergi, flu, demam, atau dehidrasi. Namun jika memiliki riwayat keluarga mengidap diabetes dan Anda sering merasa haus diikuti tanda-tanda lain seperti banyak makan dan banyak buang air kecil, Anda perlu memeriksakan kadar gula dalam darah. Pasalnya, penderita diabetes selalu merasa haus sebagai akibat dari ketidakmampuan ginjal mengembalikan air yang telah disaring dalam tubuh karena peningkatan konsentrasi glukosa pada ginjal. Air itu pada akhirnya dibuang bersama urine sehingga menyebabkan serangan dehidrasi. Bila tidak ditangani secara serius, serangan dehidrasi yang mengikuti penyakit diabetes ini bisa menimbulkan serangan sakit kepala, mual, pusing, bahkan hilang kesadaran.


Telinga Berdenging

Banyak yang menganggap dengingan sebagai udara yang terperangkap di telinga. Padahal, dengingan telinga yang oleh dunia kedokteran dikenal dengan istilah tinnitus ini bisa menandai adanya gangguan fisik yang lebih serius, seperti tekanan darah tinggi atau gangguan tiroid.


Mulut Terasa Pahit

Pernahkah Anda merasa berbagai permen penyegar tidak mampu mengusir rasa pahit di mulut sehingga makan apa pun terasa tidak enak? Pahit mulut ini dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah dysgeusia. Mulut memberikan gradasi sensasi rasa seperti logam, asin, dan pahit. Dysgeusia menandakan adanya infeksi, peradangan, atau perlukaan di dalam tubuh.


Kulit Gatal-gatal

Rasa gatal di kulit yang muncul tanpa alasan yang jelas, seperti akibat gigitan serangga atau alergi, bisa jadi akibat kulit Anda yang sensitif terhadap debu. Namun, bisa juga ini merupakan kode tubuh bahwa fungsi hati atau ginjal tengah mengalami gangguan. Perbedaannya, gatal akibat alergi hanya muncul ketika ada pemicunya, seperti perubahan suhu atau tekanan mekanis. Sementara, gatal akibat penurunan fungsi ginjal dan hati bisa muncul begitu saja tanpa pemicu.

 
 
 

image: Copyright: <a href='https://www.123rf.com/profile_szefei'>szefei / 123RF Stock Photo</a>

 

Rekomendasi

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.

  • Hobby

    The Power of Giving

    Tak sedikit penelitian menyebutkan, rasa bahagia saat memberi kepada orang lain, akan membuat diri kita lebih nyaman menjalani hidup. Siapapun diri kita, apapun kondisi kita saat ini, kita selalu bisa memberi.

  • Hobby

    Pengalaman Ilmu yang Paling Bermanfaat

    Kita mudah bahagia pada benda-benda baru. Ponsel baru, tas baru, baju baru, kerap membuat mood naik dan rasa senang terbang sampai di awang-awang. Tapi tunggu seminggu lagi, sebulan lagi, setahun lagi, kita seperti tak merasa bahagia atas benda-benda