Hal yang Harus Dilakukan Saat Kena PHK

21 Juli 2017 | 09:00

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) merupakan momok bagi para pekerja. Siapapun pasti tidak ada yang mau kena PHK. Namun, ada saat di mana perusahaan harus melakukan PHK demi efisiensi biaya.

Jika perusahaan Anda melakukan PHK dan Anda termasuk yang di-PHK, seperti yang dilansir dari Jobsdb.com, maka yang harus Anda lakukan adalah:

Tetap Tenang
Ketika mendapat pemberitahuan PHK, pasti Anda memiliki perasaan panik. Suasana hati bisa menjadi buruk. Meski begitu, Anda tetap harus tenang. Perhatikan dan dengarkan baik-baik informasi yang ada dari bos atau perwakilan HRD. Ajukan pertanyaan jika belum jelas. Tanyakan juga perihal hak Anda, seperti asuransi.

Jangan Menyalahkan Diri Sendiri
Jangan pernah menyalahkan diri Anda jika nama Anda masuk ke dalam daftar pegawai yang terkena PHK. Bisa dipahami ketika di-PHK Anda merasa tidak kompeten dan tidak dihargai oleh perusahaan. Anda harus memahami bahwa PHK berbeda dengan pemecatan personal. Perusahaan terpaksa melakukan PHK biasanya dikarenakan alasan efisiensi atau perubahan manajemen.

Tetap Memberikan yang Terbaik
Biasanya berita PHK berjarak 1 bulan dari pengumuman sampai tanggal penetapan terakhir bekerja. Meski Anda terkena PHK, tetap bekerja dengan baik. Berikan kesan yang baik dan mendalam bagi atasan dan rekan kerja Anda.

Meminta Dukungan Dari Orang Sekitar
Ketika di-PHK tentu perasaan sedih datang. Anda jangan melewati masa suram ini sendirian. Ini adalah saatnya Anda meminta dukungan emosional dari orang sekitar Anda. Banyak orang di sekitar Anda yang peduli dengan Anda.

Atur Strategi
Di-PHK berarti Anda tidak memiliki lagi penghasilan setiap bulannya. Untuk itu Anda harus mengatur strategi mengenai keuangan Anda. Apakah Anda memiliki tabungan atau dana darurat yang cukup? Berapa lama dana darurat dapat menyokong Anda sampai nanti Anda mendapat pekerjaan baru? Bagaimana dengan pesangon dari perusahaan? Mau Anda gunakan untuk berbisnis, liburan, atau biaya hidup sampai Anda bekerja lagi nanti? Apapun yang menjadi keputusan Anda agar sebaiknya dipertimbangkan matang-matang.

Perubahan Merupakan Hal Baik
Dengan perubahan ini bisa jadi merupakan hal yang baik untuk Anda. Gunakanlah waktu lowong Anda untuk menata kembali hidup Anda. Kenali kembali diri Anda. Gali kembali potensi dan bakat Anda. Apa minat Anda? Kembangkanlah. Jika sebelumnya Anda terlalu sibuk bekerja, sekarang jalin kembali hubungan dekat dengan keluarga Anda dan sahabat.

Sudah pasti tidak ada yang berharap di-PHK. Meskipun begitu, diharapkan artikel ini dapat membantu Anda mempersiapkan diri jika hal tersebut benar-benar terjadi pada Anda.

 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.

  • Hobby

    The Power of Giving

    Tak sedikit penelitian menyebutkan, rasa bahagia saat memberi kepada orang lain, akan membuat diri kita lebih nyaman menjalani hidup. Siapapun diri kita, apapun kondisi kita saat ini, kita selalu bisa memberi.