Kapan Waktu yang Tepat Memulai Investasi & Asuransi?

21 September 2017 | 20:17

Mungkin pernah terpikir dalam benak Anda untuk mulai berinvestasi tapi tak jarang pula niat tersebut harus kandas karena anggapan bahwa untuk berinvestasi & berasuransi Anda harus memiliki penghasilan yang cukup besar. Akibatnya, hal ini akan menyebabkan Anda menunda-nunda rencana tersebut.

Perlu Anda ketahui, asuransi & investasi harus dilakukan sedini mungkin. Selain karena begitu pentingnya asuransi jiwa serta investasi untuk masa depan, juga dikarenakan hal-hal berikut.

1. Mempersiapkan Dana Pensiun
Karena masih berusia muda, lantas Anda beranggapan, “Apa sih pentingnya asuransi jiwa & investasi? Kan masih muda juga.” Padahal, semakin dini Anda memulai berasuransi & investasi maka uang yang akan terkumpul untuk dana pensiun juga akan lebih besar. Meskipun masih jauh, sebaiknya Anda memulai investasi dana pensiun ini karena Anda tidak tahu di umur berapa Anda akan pensiun sedangkan masih ada banyak kebutuhan finansial yang harus dipenuhi.

2. Jaminan Kesehatan
Kita tidak tahu kapan datangnya musibah. Untuk itu, asuransi jiwa menjaga peran sangat penting untuk membuat Anda tetap aman meski sedang terkena musibah. Selain itu, investasi yang sudah Anda tanam, membuat Anda tidak terlalu khawatir akan masalah keuangan meski sedang banyak pengeluaran karena alasan musibah tersebut.

3. Investasi Sebagai Sumber Pendapatan Jangka Panjang
Ada investasi jangka pendek, sedang, dan panjang. Pada umumnya, investasi jangka panjang inilah yang menawarkan keuntungan lebih banyak. Perlu Anda ketahui bahwa investasi bukan merupakan sebuah cara untuk mendapatkan penghasilan dalam waktu singkat, tapi cukup lama bahkan ada yang hingga mencapai 10 tahun. Begitu juga dengan asuransi jiwa, yang memberikan manfaat jangka panjang bagi Anda.

4. Investasi Tak Harus Dimulai dengan Modal Banyak
Saat ini, ada banyak opsi untuk memulai asuransi & investasi. Sebelum memilihnya, pahami betul masing-masing kekurangan dan kelebihan instrumen asuransi & investasi yang Anda incar. Tak hanya itu, manfaat apa saja yang diberikan serta apa konsekuensinya jika Anda menariknya sebelum jatuh tempo. Selain itu, masing-masing instrumen asuransi & investasi juga menawarkan nominal minimal yang berbeda-beda. Seperti nominal asuransi jiwa yang tentu berbeda dengan asuransi pendidikan atau produk asuransi lainnya.

5. Mewujudkan Cita-cita
Berinvestasi juga bisa menjadi jalan untuk mewujudkan cita-cita Anda. Misalkan Anda ingin memiliki rumah yang nyaman atau membangun bisnis, maka keuntungan yang Anda dapatkan dari berinvestasi bisa Anda gunakan untuk itu. Di sisi lain, asuransi jiwa melahirkan rasa nyaman karena jaminan proteksi yang diberikan. Dari sini, Anda masih bertanya, “Apa sih pentingnya asuransi jiwa & investasi?”

Sebagai penutup, tidak ada umur minimal untuk memulai investasi. Semakin dini Anda memulainya, maka semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan hasil yang melimpah, apalagi jika Anda memilih investasi jangka panjang. Tentunya akan semakin cepat Anda memperoleh hasilnya, bukan? Walaupun saat ini Anda masih berusia 20-an tahun, tak ada salahnya untuk mulai memikirkan investasi.

 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.