Tidak Perlu Takut! Berikut Gunung yang Ramah Bagi Pemula

23 September 2017 | 20:33

Gunung sekarang menjadi tempat alternatif anak muda untuk berwisata. Coba lihat di beberapa gunung yang terkenal di Indonesia, pada akhir pekan pasti ramai oleh para pendaki. Salah satu alasan kenapa banyak orang mendaki gunung adalah mudahnya mencari informasi di internet tentang gunung tersebut. Mulai dari transportasi menuju gunung tersebut, cara mendaki gunung, sampai persewaan alat, juga tersedia di internet.

Nah, jika dalam waktu dekat Anda ingin mendaki gunung tetapi tidak percaya diri dengan kemampuan Anda mendaki, sebagai pendaki pemula, Anda bisa berlatih terlebih dahulu untuk mendaki gunung-gunung yang tidak terlalu tinggi. Di mana saja gunung yang sangat ramah dengan pendaki pemula tersebut?

Gunung Ijen, Banyuwangi

Dengan ketinggian 2.443 mdpl, Gunung Ijen merupakan salah satu gunung paling terkenal di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Bromo. Gunung Ijen ini letaknya sekitar tiga jam dari kota Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi. Sesampai di pos pertama Paltuding, Anda tidak perlu susah-susah melewati jalanan becek atau bebatuan untuk mencapai puncak karena kebanyakan jalan di Gunung Ijen ini sudah diaspal.

Untuk ke puncaknya saja Anda hanya perlu sekitar 2,5 jam. Walaupun terlihat mudah, jalur di puncak akan sedikit menanjak dan berpasir. Setelah sampai puncak, jika masih punya tenaga lebih, Anda bisa turun ke kawah untuk melihat blue fire yang terkenal sampai luar negeri.

Gunung Andong, Magelang

Pertama kali naik gunung? Gunung Andong di Magelang adalah gunung yang pas untuk menjadi “korban” pertama Anda. Gunung Andong ini berada di ketinggian 1.762 mdpl, jadi masih dalam kategori aman untuk pendaki pemula. Di sini, Anda tidak perlu takut tersesat karena dalam perjalanan menuju puncak telah disediakan papan petunjuk yang akan membimbing Anda. Sebagai tips tambahan, jangan mendaki Gunung Andong pada saat akhir pekan karena akan sangat ramai.

Gunung Nglanggeran, Yogyakarta

Salah satu gunung favorit para pendaki pemula di Yogyakarta adalah Gunung Nglanggeran. Berada di kawasan Gunungkidul, Gunung Nglanggeran ini hanya mempunyai ketinggian 700 mdpl, jadi Anda hanya butuh waktu satu jam untuk mencapai puncak. Sesampai di puncak, Anda bisa mendirikan tenda bersama teman-teman dan bercengkerama di bawah lautan bintang.

Gunung Batur, Bali

Ingin menaklukan Gunung Agung Bali? Anda bisa berlatih terlebih dahulu di Gunung Batur yang berada di daerah Kintamani. Dengan ketinggian hanya 1.717 mdpl, Anda bisa mendaki sampai puncak dengan waktu sekitar 2-3 jam. Bahkan untuk Anda yang datang sendirian, Anda bisa ikut paket pendakian yang sudah termasuk guide dan dokumentasi. Sampai puncak, Anda akan diberi pemandangan menakjubkan dari Danau Kintamani.

 

Gunung Penanggungan, Mojokerto

Banyak disebut sebagai miniatur Gunung Semeru karena jalur dan tracking-nya yang mirip, Gunung Penanggungan sering dibuat para pendaki pemula berlatih sebelum mendaki Semeru. Dengan ketinggian 1.653 mdpl, Anda bisa memilih dua jalur pendakian yakni di jalur Trawas dan jalur Jolotundo. Setiap jalur mempunyai kesulitan dan keunikan sendiri-sendiri. Di Gunung Penanggungan terdapat dua puncak, pertama puncak bayangan dan kedua puncak sesungguhnya. Di puncak bayangan, Anda bisa camping sebelum lanjut ke puncak sesungguhnya.

Walaupun gunung-gunung di atas ini sangat ramah untuk pendaki pemula, tetap jangan meremehkan, ya. Tetaplah berhati-hati, membawa peralatan lengkap, dan menyiapkan fisik sebaik mungkin. Ketika sampai di puncak, nikmati pemandangan dan hargai alam dengan tidak membuang sampah sembarangan.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.