Meski Tanpa Modal, Tokoh Ini Mampu Mensukseskan Bisnisnya

24 September 2017 | 20:39

Memulai bisnis memang bukan hal yang mudah, namun juga tidak berarti bahwa Anda harus terlebih dulu menjadi orang yang kaya raya sehingga modal bisnis bisa diperoleh dengan mudah. Modal adalah faktor penting dalam menjalankan bisnis, tapi bukan berarti tanpa modal usaha Anda tidak dapat memulai bisnis impian Anda. Tidak sedikit pebisnis dunia yang memulai usahanya tanpa modal dan berhasil menjadi sukses dan populer. Berikut ini di antaranya.

Steve Jobs

Nama ini tentunya sudah tak asing lagi di telinga Anda, bukan? Pemilik perusahaan teknologi raksasa Apple ini memulai usaha mereka dari 0. Tidak mewah seperti kantor Apple saat ini, di awal ia dan rekannya merintis bisnis tersebut, semua kegiatan dilakukan di garasi rumah milik orang tua mereka yang ada di California. Baru setelah mereka berhasil mengembangkan beberapa jenis komputer, mereka mulai meminjam uang di bank untuk melanjutkan usahanya tersebut.

Bill Gates

Siapa yang tak kenal dengan orang terkaya nomor satu di dunia yang satu ini? Siapa sangka ternyata Bill Gates juga memulai usahanya dari 0. Bill Gates bersama Paul Allen yang merupakan rekan bisnisnya menciptakan program sederhana untuk Altair 8800 Microcomputer. Produk yang mereka kembangkan mampu membuat MITS yang merupakan perusahaan komputer cukup terkesima dan dari sinilah sejarah kesuksesan Bill Gates dimulai.

Burt Shavitz

Ia memulai bisnisnya hanya bermodalkan 200 dolar. Dari dana tersebut, ia menciptakan produk yang terbuat dari beeswax. Pada waktu itu, Shavit memiliki bisnis madu yang menghasilkan beeswax sisa. Sisa beeswax inilah yang kemudian menginspirasi ia dan rekannya, Roxxanne Quimby untuk membuat produk baru. Dari jumlah modal tersebut, keduanya mampu menghasilkan lebih dari 20 ribu dolar hanya dalam waktu satu tahun.

Yvon Chouinard

Menjadikan hobi sebagai bisnis, mungkin itulah yang dilakukan oleh Yvon Chuinard. Sebagai seorang pendaki, ia memanfaatkan pengalamannya selama di lapangan untuk menghasilkan produk berkualitas yang dibutuhkan oleh para pendaki lainnya. Ia mendesain sendiri perlengkapan outdoor-nya dan mendirikan Patagonia untuk menjual produk tersebut. Toko pertamanya ia bangun di halaman belakang rumah orang tuanya di California.

David Packard

Hewlett Packard adalah salah satu brand di dunia teknologi yang cukup populer. Perusahaan dini didirikan oleh 2 orang, William Redington Hewlett dan David Packard. Mereka juga memulai bisnis ini dari garasi kecil di California. Bisnis tersebut dimulai hanya dengan bermodalkan 538 dolar.

Perlu tidaknya modal, tergantung pada bidang bisnis apa yang ingin Anda kerjakan. Yang perlu diperhatikan adalah, jangan sampai hanya karena masalah modal, ide bisnis yang sudah Anda pikirkan sedemikian rupa harus ditinggalkan. Seperti para pebisnis di atas. Berkat kegigihan dan semangat kerja, mereka mampu membawa bisnis “tanpa modal” mereka ke titik seperti sekarang ini. Ingatlah kata pepatah, “di mana ada kemauan, di situ ada jalan”.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.