Serunya Mengunjungi Kebun Raya Terbaik di Indonesia

2 Oktober 2017 | 19:14

Berbicara mengenai tempat wisata, Indonesia menawarkan sejuta destinasi yang tak kunjung habis untuk dinikmati. Tak hanya gunung, air terjun, maupun pantai, kebun raya juga menjadi destinasi wisata favorit, terutama untuk wisata keluarga. Di kebun raya, Anda bisa menjumpai keanekaragaman hayati yang merupakan kekayaan Indonesia. Berikut 5 kebun raya di Indonesia yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga dan teman-teman.

Kebun Raya Bogor

Kegiatan wisata Anda belum lengkap jika belum pernah berkunjung ke kebun raya yang menjadi ikon wisata Indonesia yang satu ini. Di sini, Anda akan melihat berbagai macam tanaman yang menyejukkan. Jika Anda ingin menjelajah seluruh wilayah kebun raya, bisa menyewa sepeda dengan tarif yang cukup terjangkau per-jam nya. Anda bebas berkeliling ke setiap sudutnya. Di area belakang, Anda juga bisa melihat pemakaman Belanda yang sepi. Area ini bisa dijangkau dengan sepeda.

Kebun Raya Batam

Kota Batam cukup populer sebagai kawasan industri dan juga pariwisata. Letaknya yang strategis membuat kota yang satu ini banyak dijadikan sebagai destinasi wisata setiap tahunnya. Kebun Raya Batam memiliki arsitektur yang merupakan antara budaya Melayu dan modernitas. Untuk menikmati pemandangan alamnya, Anda bisa memanfaatkan kereta gantung Botanical Skyway. Di sini Anda bisa melihat koleksi tumbuhan dari pesisir Indonesia.

Kebun Raya Enrekang

Lain di Sumatera lain di Sulawesi. Kebun Raya Massenrempulu Enrekang terletak di Kabupaten Enrekang, Makassar. Di sini ada lebih dari 3000 jenis tanaman yang berasal dari Sulawesi. Kebun raya ini telah diresmikan sejak tahun 2007 lalu. Pengembangan kebun raya ini bertujuan untuk pelestarian beragam tanaman dan juga tempat edukatif bagi warga di sekitarnya. Adapun dalam bahasa Bugis, kata ‘massenrempulu” memiliki arti “menelusuri gunung”.

Kebun Raya Lombok

Tak hanya populer dengan pantainya, jika Anda berkunjung ke pulau yang satu ini, pastikan Anda juga berkunjung ke kebun rayanya yang terletak di Desa Suela. Di sini Anda juga akan melihat indahnya pemandangan Gunung Rinjani dan Selat Sumbawa. Tema tumbuhan yang diusung dalam kebun raya ini adalah “Konservasi Tumbuhan Kepulauan Sunda Kecil”. Jaraknya tak begitu jauh dari Lombok Timur, hanya sekitar 28 km saja.

Kebun Raya Danau Lait

Beralih ke Pulau Kalimantan, di sini ada Kebun Raya Danau Lait yang sayang untuk dilewatkan. Kebun raya ini terletak di Desa Subah Kalimantan Barat. Yang menarik dari kebun raya ini adalah letaknya yang berada di kawasan danau yang memiliki lima pulau di bagian tengahnya. Tak cukup sampai di situ, tempat wisata ini juga unik karena bentang alam yang memukau seperti sungai serta pasang surut air yang ekstrem akan membuat pengunjung berdecak kagum.

Pada umumnya, di setiap kebun raya Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang berbeda. Hal tersebut disebabkan karena kondisi iklim dan juga lingkungan yang ada di tempat tersebut. Pastikan 5 kebun raya di atas Anda masukkan ke dalam agenda wisata tahunan keluarga. Selamat berlibur!

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.