Atasi Depresi Sebelum Mulai Membahayakan

11 Oktober 2017 | 19:34

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami depresi. Masalah rumah tangga, pekerjaan menumpuk, kesulitan dalam berinteraksi, dan lain sebagainya adalah hal yang bisa membuat kita berpikir secara terus-menerus dan tanpa sadar kita pun jadi semakin tertekan. Bahkan, tak semua orang sadar kalau ia sedang mengalami depresi. Kalau Anda sedang menderita depresi, segera atasi dengan cara-cara berikut ini.

Kenali Penyebab Depresi Anda

Cara paling mendasar yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencari tahu sumber masalah Anda. Dengan begitu, Anda tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Jika ternyata penyebab stres Anda lebih dari satu, maka selesaikan yang mudah terlebih dahulu. Hal ini juga wajar dialami setiap orang. Sumber masalah tak hanya satu saja, tapi banyak dan saling berkaitan. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menemukan akar permasalahannya terlebih dahulu.

Coba Ceritakan Masalah pada Orang yang Tepat

Setiap orang pasti punya problem masing-masing. Yang membedakannya adalah bagaimana cara mereka menyikapi masalah tersebut. Berat tidaknya masalah juga tidak sama. Kalau Anda merasa masalah yang Anda hadapi cukup berat dan tak kunjung menemukan pemecahannya, ada baiknya untuk berbicara pada orang lain yang tepat. Hal ini biasanya akan membuka pikiran Anda untuk memandang masalah dari sudut pandang orang lain.

Berolahraga

Percaya atau tidak, berolah raga dapat mengurangi tingkat stres yang Anda alami. Ketika berolahraga, tubuh mengeluarkan hormon endorfin lebih banyak yang baik untuk otak Anda. Hormon ini akan membuat Anda merasa bahagia. Sebaiknya, olahraga akan mengurangi produksi hormon kortisol penyebab stres.

Berinteraksi dengan Orang Lain

Bisa jadi Anda terlalu banyak berkutat dengan pekerjaan dan sibuk sendiri dengan masalah pribadi sehingga melupakan hubungan sosial Anda dengan orang lain. Cobalah untuk kembali bergabung dengan teman-teman Anda. Ikutlah mengobrol bersama mereka atau ikut ke mana mereka pergi misalnya traveling rombongan. Pasti sangat seru. Menghabiskan waktu bersama teman ditengarai mampu membuat Anda melupakan kesedihan dan mengurangi depresi yang berlebihan.

Traveling

Traveling ke tempat baru juga bisa membuka jendela baru bagi diri Anda. Belajar sesuatu baru misalnya mengenai kebudayaan setempat bisa membuat Anda merasa lebih baik. Akan lebih baik jika Anda pergi ke tempat-tempat yang masih kental dengan nuansa alamnya. Misalnya pantai atau pegunungan. Hal ini sekaligus berguna untuk menyegarkan kembali pikiran. Udara yang sejuk serta suasana alam yang damai akan membawa angin segar bagi pikiran Anda.

Kalau tidak segera diatasi, depresi bisa menyebabkan masalah yang serius di kehidupan sehari-hari. Bahkan bisa mengganggu interaksi Anda dengan orang lain. Ketika depresi sudah dalam tahap yang maksimal, tak menutup kemungkinan ini akan membuat Anda kehilangan semangat untuk hidup. Oleh sebab itu, begitu Anda sadar sedang mengalami depresi, segera atasi dengan cara-cara di atas sebelum terlambat.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.