Ikut Lari 10K? Persiapkan 5 Hal Ini Terlebih Dahulu

14 Oktober 2017 | 19:43

Mendapatkan tubuh yang bugar memang ada banyak caranya. Mulai dari menjaga makanan dengan mematuhi pola makan yang sehat, hingga rutin mencoba tren olahraga yang sedang in saat ini. Berbicara tentang tren olahraga, mungkin Anda tidak asing dengan istilah lari 5K, 10K, dan seterusnya, kan?

Jenis lari seperti ini sebenarnya bukanlah hal yang baru, tapi belakangan ini banyak event internasional yang menyelenggarakan event lari semacam ini di beberapa tempat indah di Indonesia. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Eits, tunggu sebelum Anda mencoba untuk mengikuti lari seperti ini, perhatikan dulu beberapa persiapan di bawah ini.

Rutin Berlari Seminggu 3 kali

Melakukan olahraga lari memang tidak sulit, tapi bukan berarti bisa dilakukan tanpa persiapan apapun. Terlebih dalam hal ini kita membahas untuk menaklukan lari yang memiliki jarak 5K- 10K atau 5-10 kilo. Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk berhasil menaklukkan lari dengan jarak seperti itu adalah dengan berlatih untuk rutin berlari setidaknya 3 kali dalam satu minggu. Hal ini dilakukan bukan berarti tanpa alasan, justru latihan seperti ini agar membuat tubuh Anda terbiasa dengan berlari sebelum hari H.

Dalam latihan ini, Anda bisa menentukan durasi latihan berlari selama 30 menit per setiap kali Anda lari. Catatan yang perlu Anda ketahui dalam latihan ini, Anda bisa menentukan target kecepatan yang diinginkan dan juga terus ditambah setiap Anda memulai latihannya kembali. Anda bisa melakukan persiapan semacam ini dalam jangka 8 pekan sebelum hari-H.

Menambah Jarak Lari Anda

Selain Anda harus menambah target kecepatan lari Anda, menambah jarak lari setiap Anda latihan juga tidak kalah penting. Jangan langsung berlari dengan jarak yang sangat jauh, karena cara seperti itu justru bisa membuat tubuh Anda terkejut dan cenderung berdampak buruk pada tubuh Anda sendiri. Mulailah menambah jarak lari tersebut sedikit demi sedikit, misalnya ketika awal latihan Anda menempuh jarak hanya sekitar 2 kilometer berarti pada latihan selanjutnya Anda bisa menambahnya menjadi 2,5-3 kilometer.

Selain menambah jarak lari Anda, dengan memiliki jadwal latihan lari Anda sebanyak 3 kali seminggu, Anda bisa membagi jarak larinya dengan hari weekdays berjarak lebih dekat dan berjarak lebih jauh pada weekend.

Menambahkan Latihan Lain

Lari memang termasuk ke dalam salah satu olahraga. Tapi agar performa Anda bagus, cobalah untuk menambahkan beberapa alternatif latihan lain yang juga bermanfaat untuk persiapan lari 10K Anda. Anda bisa melengkapi latihan lari 10K dengan beberapa peregangan agar tubuh Anda bisa pulih lebih cepat dari latihan lari yang terus menerus. Anda juga bisa mencoba olahraga lain seperti berenang, yoga, pilates, bersepeda, hingga lari menggunakan treadmill.

Jangan Memaksakan Diri

Setelah rutin latihan, Anda pun merasa semakin bersemangat untuk segera melakukan lari sejauh 10K. Terlalu bersemangat, akhirnya ketika mendekati hari H, Anda justru mati-matian memaksakan diri Anda untuk berlatih dengan keras agar performa Anda baik. Tunggu! Hal semacam ini akan sangat berbahaya bagi tubuh Anda sendiri.

Jangan pernah memaksakan diri Anda untuk berlatih, apalagi lari 10K ini merupakan hal yang baru bagi Anda. Berlatih secara berlebihan bisa membuat tubuhmu terlampau kelelahan. Jika memang saat latihan Anda merasa kurang maksimal, cobalah untuk berlatih sambil jalan santai hingga tubuhmu kembali mencapai energinya untuk berlari secepat atau sekuat target Anda.

Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Pola hidup yang sehat dan juga olahraga yang cukup pun sebenarnya tidak cukup untuk membuat tubuh Anda sehat, terutama untuk mempersiapkan diri Anda untuk berlari sejauh 10K. Ada hal yang hampir dianggap sepele sehingga sering diabaikan oleh sebagian besar orang, yakni memperhatikan waktu tidur yang cukup. Memastikan Anda sudah mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan juga berkualitas sangatlah penting menjelang hari H lari 10K Anda. Setelah melakukan latihan yang bisa dibilang sangat intens, Anda membutuhkan waktu 9 jam untuk beristirahat di malam har agar tubuh Anda bisa kembali pulih.

Tidur yang cukup akan sangat membantu Anda memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, membangun dan memperbaiki otot, dan juga meningkatkan konsentrasi serta fokus mental diri Anda. Jika semua ini terpenuhi, maka performa yang akan dihasilkan pun lebih maksimal.

Nah, itulah beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan lari 10K. Jangan lupa untuk memilih pakaian yang sesuai agar Anda bisa berlari dengan nyaman. Pilihlah bahan-bahan pakaian bermaterial sintetis seperti polypropylene yang bisa menjaga tubuh Anda tetap kering dan memberikan ruang untuk kulit bernapas selama Anda berlari. 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.