Tips Mengatur Waktu Bisnis Sampingan dan Kerja Kantoran

16 Oktober 2017 | 21:15

Peluang bisnis adalah hal yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Ketika Anda melihat ada peluang pasar yang cukup menjanjikan dan Anda memiliki inspirasi untuk mewujudkannya, maka Anda harus merealisasikannya. Namun, tak semua orang memiliki waktu luang untuk memulai bisnis mereka. Terutama para pekerja kantor yang memiliki waktu sangat terbatas. Padahal, bisnis ini juga bisa memberikan penghasilan tambahan. Tak perlu khawatir, berikut tips manajemen waktu untuk bisnis sampingan bagi Anda yang merupakan karyawan.

Jauhkan Diri Dari Distraksi

Distraksi ini pasti selalu muncul di kehidupan sehari-hari. Misalnya telepon, ajakan teman untuk mengobrol sehingga membuat pekerjaan tak kunjung selesai, atau yang berasal dari sendiri misalnya godaan untuk berselancar di dunia maya. Sebaiknya jauhkan diri Anda dari distraksi sekecil apapun untuk membuat Anda berpikir lebih fokus. Anda memang perlu refreshing dan bersenang-senang walau hanya sebentar, tapi pastikan Anda sudah menyelesaikan pekerjaan Anda.

Fokuslah untuk Bisa Berpikir Jernih

Berpikir dengan jernih maksudnya, Anda harus bisa berpikir dengan tenang untuk menghasilkan ide yang cemerlang. Untuk mendapatkan hal ini, maka sebisa mungkin jauhkan diri dari tekanan. Berpikir di bawah tekanan justru akan membuat Anda tidak bisa membidik masalah sesuai tepat sasaran dan justru akan membuang-buang waktu saja. Istirahatlah jika Anda merasa lelah karena berpikir dengan tubuh dan pikiran yang fresh jauh lebih baik dibanding memaksakan diri untuk berpikir

Jangan Menunda Pekerjaan

Jangan sekalipun menunda pekerjaan. Ingat kata pepatah, Waktu Adalah Pedang. Jika Anda tidak menggunakan waktu Anda dengan bijak, maka ia akan berubah menjadi bumerang untuk Anda. Jika ada pekerjaan yang bisa dengan cepat Anda selesaikan maka segera selesaikan. Menunda-nunda pekerjaan justru akan membuatnya semakin menumpuk dan akan merugikan Anda sendiri ke depannya.

Buat Jadwal Secara Detail

Setiap sesuatu jika memiliki pedoman akan lebih mudah untuk dilakukan. Apa lagi untuk manajemen waktu. Buatlah jadwal waktu mengenai aktivitas apa yang akan Anda lakukan minggu ini atau jika perlu buatlah setiap hari. Dengan begitu, alokasi waktu Anda akan lebih jelas. Urutkan aktivitas mulai dari yang lebih mudah dilakukan atau yang memiliki prioritas lebih tinggi. Anda pun akan lebih bisa bekerja secara terarah.

Memulai bisnis bukan berarti Anda bisa melupakan tanggung jawab sebagai karyawan, bukan? Itulah konsekuensi yang harus Anda hadapi. Anda harus melakukannya secara seimbang. Bisnis sampingan tetap berjalan dan Anda pun juga harus tetap menyelesaikan tugas Anda di kantor tepat waktu. Karena itu bisnis sampingan, maka Anda juga harus mementingkan pekerjaan kantor karena itu merupakan sumber penghasilan utama.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.