Ini yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Bitcoin

17 Oktober 2017 | 21:21

Mendengar kata Bitcoin, mungkin Anda akan sedikit semangat membahasnya lebih lanjut, terutama bagi Anda yang tertarik dengan masalah investasi. Fenomena yang ada menunjukkan bahwa Bitcoin merupakan investasi yang cukup menjanjikan. Tak heran jika banyak orang yang kemudian tergiur dan kemudian membelinya. Sekilas info, Bitcoin bisa kita ibaratkan seperti mata uang digital yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan transaksi keuangan virtual ke mana saja. Berikut serba-serbi Bitcoin yang perlu Anda tahu.

Tidak Ada Pengontrol Nilai Bitcoin

Berbeda dengan mata uang asli yang sudah ada badan khusus seperti bank untuk mengontrol peredarannya, maka tidak demikian halnya dengan Bitcoin. Perubahan nilai Bitcoin murni berdasarkan permintaan dan penawaran yang sedang terjadi online. Adanya individu atau orang yang melakukan jual beli Bitcoin, hal inilah yang akan mempengaruhi naik turunnya nilai Bitcoin.

Setiap Transaksi Sifatnya Transparan

Bisa jadi ini menguntungkan dan bisa jadi juga membahayakan bagi pihak tertentu. Bitcoin memungkinkan setiap penggunanya untuk melihat transaksi orang lain yang meliputi jumlah Bitcoin dan alamat yang dituju. Semua informasi tersebut akan dicatat dalam block chain. Namun tak perlu khawatir, karena informasi pribadi Anda tidak bisa dilihat oleh orang lain jadi tak perlu khawatir jika informasi ini akan disalahgunakan oleh orang lain.

Bisa Digunakan Sebagai Perangkat Investasi

Karena nilai Bitcoin berpeluang mengalami kenaikan, maka Bitcoin bisa dilirik sebagai opsi lain dalam berinvestasi. Jika Anda memiliki sisa penghasilan yang cukup, maka tak ada salahnya mencoba Bitcoin. Namun ingat, jangan hanya mengandalkan pada Bitcoin saja karena Anda juga harus mengalokasikan dana untuk investasi lainnya. Karena nilai Bitcoin yang tidak menentu, sebaiknya jangan menggantungkan semuanya pada Bitcoin.

Transaksi Bisa Dilakukan Dengan Praktis

Bitcoin memakai konsep peer to peer untuk prosesnya. Mungkin selama ini, jika Anda melakukan transaksi finansial secara online, misalkan belanja, maka akan ada pihak ketiga yang berfungsi sebagai payment gateway atau apapun itu. Berbeda dengan Bitcoin, transaksi bisa dilakukan secara langsung antara kedua pihak tanpa memerlukan “jembatan” khusus. Oleh sebab itu, rahasia transaksi lebih terjaga.

Bisa Dipakai di Mana Saja

Bitcoin bisa dipakai untuk melakukan transaksi di mana pun secara universal. Tak hanya untuk belanja Online di situs-situs tertentu, bahkan juga bisa untuk membayar keperluan akomodasi saat berlibur seperti membayar penginapan di hotel atau reservasi restoran tertentu. Keberadaan Bitcoin jelas memudahkan siapa pun untuk melakukan transaksi.

Bitcoin Disimpan dalam Dompet Digital

Bitcoin sendiri merupakan mata uang digital. Seperti di kehidupan nyata, uang harus disimpan di dalam dompet. Begitu pula dengan Bitcoin. Ada dompet digital khusus yang difungsikan untuk menyimpan Bitcoin. Dompet ini kemudian akan disimpan pada perangkat seperti komputer, ponsel, dan perangkat lainnya. Kelemahannya, jika perangkat tersebut rusak maka Bitcoin kamu juga akan hilang.

Itulah serba-serbi singkat mengenai Bitcoin yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memiliki Bitcoin ini?

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.