Ternyata Ini Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

20 Oktober 2017 | 04:05

Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa sepak bola sama dengan futsal. Padahal, kedua olahraga tersebut cukup jauh berbeda. Bagi Anda yang bingung akan memilih olah raga antara sepak bola atau futsal, ada baiknya mencari tahu dulu perbedaannya. Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui dari keduanya.

Luas Lapangan

Mengenai luas lapangan, olahraga sepak bola memerlukan lapangan yang lebih luas daripada futsal. Biasanya sepak bola dilakukan di ruangan terbuka yang berumput. Sebaliknya, futsal memerlukan lapangan yang lebih sempit. Bahkan, futsal ada yang dilakukan secara indoor. Meskipun begitu, ada juga futsal outdoor tapi pada umumnya menggunakan rumput sintetis.

Jumlah Pemain

Selain lapangannya yang lebar, jumlah pemainnya pun juga berbeda. Jumlah pemain sepak bola dua kali lebih banyak daripada futsal. Ini juga yang membuat kenapa lapangan futsal lebih sempit dan bisa dilakukan secara indoor. Sepak bola memiliki jumlah anggota 11 orang untuk masing-masing tim yang bertanding sedangkan futsal hanya 5 orang.

Lamanya Waktu Pertandingan

Pada umumnya, lamanya waktu permainan sepak bola adalah sekitar 90 menit yang terbagi ke dalam 2 sesi, masing-masing 45 menit. Jika ternyata kedua tim menghasilkan skor yang sama sehingga pertandingan dinyatakan seri, maka akan ada tambahan waktu selama 2 x 15 menit. Berbeda dengan futsal, masing-masing sesi pertandingan hanya memakan waktu 20 menit saja sehingga total hanya dibutuhkan selama 40 menit. Jika ada tambahan pun, hanya 2 x 5 menit saja. Jadi futsal dan sepak bola ini mempunyai ketahanan fisik yang sangat berbeda. Jika Anda kuat bermain futsal, bukan berarti akan kuat bermain sepak bola.

Pergantian Pemain

Dibanding sepak bola, futsal lebih fleksibel dalam hal pergantian pemainnya. Di pertandingan sepak bola, ketika ada tim yang ingin melakukan pergantian pemain, ia harus memberitahukannya terlebih dahulu pada wasit dan wasit pun akan menghentikan pertandingan secara sejenak. Berbeda dengan futsal, pemain tidak perlu meminta persetujuan dari wasit jadi bisa berganti kapan pun. 

Hal ini juga berlaku untuk batas maksimal pergantian pemain. Tim dapat mengganti pemainnya kapan pun jika diperlukan. Berbeda dengan sepak bola yang hanya dibatasi sebanyak tiga kali pergantian.

Kontak Fisik

Berkebalikan dengan pergantian pemain, aturan kontak fisik pada futsal jauh lebih ketat. Jika di sepak bola, pemain boleh melakukan kontak fisik seperti menyenggol atau sliding tackle. Hal ini masih dimaafkan. Tapi jika Anda bermain futsal, hal ini sama saja dengan melakukan pelanggaran.

Dari perbedaan-perbedaan di atas, apakah Anda sudah bisa memutuskan mana olahraga yang terbaik untuk Anda? Bagi Anda yang masih pemula, mencoba olahraga futsal terlebih dahulu juga bukan merupakan awal yang buruk karena ruang lingkupnya masih “bisa terjangkau” oleh Anda yang masih pemula. Selain itu, jumlah pemainnya juga lebih sedikit sehingga Anda lebih bisa menguasai medan. 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.