Berkunjung ke Desa Wisata di Indonesia Sebagai Cara Baru Menikmati Traveling

23 Oktober 2017 | 19:09

Travelling merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan untuk sejenak melupakan rutinitas sehari-hari yang menjemukan. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Di Indonesia sendiri banyak sekali destinasi wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Salah satunya wisata desa. Berwisata tak harus identik dengan bersantai di pantai, mendaki gunung, menikmati danau tetapi juga wisata desa. Berikut desa wisata  

Desa Madobak, Mentawai

Mentawai selain dikenal dengan wisata lautnya yang aduhai juga ternyata memiliki punya desa wisata yang sayang untuk dilewatkan. Desa Madobak salah satunya. Yang unik dari desa ini adalah, penduduk lokalnya memiliki budaya tato yang dipercaya merupakan budaya tato tertua yang masih eksis di dunia. Kalau Anda penasaran segera saja datangi Desa Madobak di Siberut Selatan, Sumatera Barat.

Desa Karangbanjar, Purbalingga

Jika berkunjung ke Desa Karangbanjar yang berlokasi di Purbalingga, Anda akan disuguhi pemandangan alam berlatar Gunung Slamet yang menyejukkan hari. Di sini, penduduknya mayoritas bermata pencaharian sebagai pembuat kerajinan. Jadi tak heran kalau di sini Anda akan menjumpai banyak kerajinan homemade yang menarik. Sambil menikmati indahnya alam dan sejuknya udara di sini, anda juga akan dimanjakan dengan kuliner khas olahan ikan

Desa Taman Sari

Bagi para pendaki, nama Kawah Ijen yang ada di Banyuwangi tentu sudah tak asing lagi. Ternyata selain keindahan kawah dengan api birunya, di Banyuwangi juga ada satu desa wisata yang wajib Anda kunjungi. Namanya Desa Taman Sari. Desa ini dihuni oleh penduduk asli lokal yang disebut dengan suku Osing yang merupakan suku asli Banyuwangi. Desa ini pernah menjadi tempat pagelaran musik kelas dunia seperti Ijen Summer Festival.

Desa Brayut, Sleman

Yogyakarta memang menjadi salah satu primadona wisata budaya Indonesia yang sudah diakui. Tak hanya peninggalan sejarah dan bentang alamnya yang memukau, Anda pun juga bisa mempelajari budaya setempat. Seperti di Desa Brayut yang terletak di Pendowoharjo, Sleman. Selain udara yang bersih, wisatawan akan diajak untuk lebih mengenal budaya penduduk setempat, seperti membajak sawah, belajar tari tradisional, dan bahkan membatik.

Desa Panglipuran, Bali

Bali memang tak pernah berhenti memanjakan kita dengan destinasi wisatanya yang sudah diakui dunia. Tak hanya pantai, kehidupan di pedesaan yang ada di Bali juga mampu menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Seperti Desa Bangli ini. Desa Panglipuran memiliki tata desa yang didasarkan pada ajaran kepercayaan penduduk setempat. Berkunjung ke sini akan membuat Anda tahu bagaimana nuansa Bali zaman dulu.

Membaur dengan penduduk lokal di suat desa tertentu juga bisa membuka jendela baru bagi Anda. Tak hanya bisa belajar budaya baru, Anda pun jadi memiliki pengalaman untuk berinteraksi dengan orang dari latar budaya yang berbeda. Selain itu, hal ini juga memperkaya wawasan nasional dan membuat Anda semakin cinta dengan negeri Indonesia.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.