Lakukan 5 Olahraga Ini untuk Relaksasi Otot Saat Berada di Kantor

7 Desember 2017 | 19:59

Duduk di depan layar komputer selama lebih dari 3 jam memang bisa menyebabkan tubuh pegal. Otot punggung dan pantat juga menjadi kaku. Bagi Anda yang bekerja di kantor dengan keseharian menghadap laptop, pasti sering mengalami hal ini, bukan? Agar kinerja Anda tidak terganggu dan bisa tetap fokus, ada baiknya melakukan oleh raga ringan seperti berikut ini.

Menggoyangkan Bahu

Dalam posisi duduk tegap, angkat bahu Anda setinggi mungkin lalu tahan sebentar selama beberapa detik. Jatuhkan. Ulangi lagi gerakan ini selama berkali-kali. Lalu lanjutkan dengan memutar bahu di satu bagian. Putar bahu ke belakang dan tarik lagi ke depan selama beberapa kali. Lakukan di sisi yang lainnya. Gerakan mengangkat dan memutar bahu bisa membuat rileks kembali otot-otot yang tegang di sekitarnya.

Memutar Punggung

Tak harus berdiri, memutar punggung bisa Anda lakukan dengan cara duduk tegap. Mulai dengan memelintir punggung Anda ke kanan belakang sambil ditarik ke atas. Untuk menjaganya agar tetap seimbang, berpeganganlah pada pegangan kursi lalu tahan sejenak dalam posisi tersebut selama beberapa detik. Kembalikan posisi punggung ke semula dan ulangi gerakan yang sama pada punggung sebelah kiri.

Menarik Otot Leher

Selai punggung, leher juga menjadi bagian yang rawan mengalami otot kaku karena posisi duduk yang sama selama berjam-jam membuatnya tegang. Berdirilah dari kursi Anda dan tarik kedua tangan lurus ke atas sambil mengaitkannya satu sama lain. Mendongaklah selama 10 derik dan rasakan peregangan otot leher Anda. Setelah itu menunduklah dengan jangka hitungan yang sama. Ulangi selama beberapa kali gerakan ini.

Gerakan merilekskan leher juga bisa dilakukan dengan berdiri tegap lalu menarik leher ke arah bahu dengan bantuan tangan untuk menekannya. Gunakan tangan kiri untuk menarik kepala menyentuh bahu kiri dan juga sebaliknya. Lakukan masing-masing untuk 2 x 8 gerakan hitungan. Saat pertama kali mungkin akan terasa sakit tapi seiring otot muali rileks, arsa saikit ini akan perlahan mengilang.

Meluruskan Kaki

Selain punggung dan leher, otot kaki juga perlu dirilekskan. Caranya, luruskan satu kaki lalu perlahan angkat. Tunggu selama beberapa detik lalu turunkan. Lakukan pada kaki yang sama secara bergantian. Anda juga bisa berdiri lalu menunduk 90 derajat kemudian jongkok. Tahan sebentar dan ulangi gerakan yang sama selama beberapa kali. Gerakan ini juga bisa mengurangi kaku otot kaki.

Olah raga tak harus menunggu hingga akhir pekan saat Anda punya waktu luang. Di sela-sela jam istirahat kerja pun Anda bisa melakukannya. Otot kaku yang dibiarkan terus-menerus bisa bertambah parah dan menyebabkan rasa sakit yang hebat. Oleh sebab itu, lakukan olahraga sederhana di atas untuk menguranginya. Tubuh yang rileks akan membantu Anda bekerja lebih maksimal.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.