Mengenal Lebih Jauh tentang Investasi Saham

8 Desember 2017 | 20:06

 

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengajak masyarakat Indonesia untuk berinvestasi di pasar model melalui kampanye Yuk Nabung Saham (YNS). Saham memang merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan dengan keuntungan yang cukup besar. Namun, risiko yang menyertai juga tak kalah besar. Maka dari itu, jika Anda tertarik untuk berinvestasi saham, sebaiknya bekali diri dengan hal-hal penting berikut. Sama sekali tidak sulit dipahami, kok

Apa itu Saham?

Saham adalah surat berharga bukti kepemilikan perusahaan. Dalam berinvestasi saham, Anda diwajibkan untuk membeli minimal 1 lot saham, yang terdiri dari 100 lembar. Lot adalah istilah satuan dalam saham. Dengan investasi saham, Anda telah membeli sebagian kecil dari kepemilikan sebuah perusahaan.

Selama bertahun-tahun, saham menjadi instrumen investasi yang menawarkan hasil relatif paling tinggi di antara instrumen investasi lainnya. Sejak tahun 2002, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah naik sebanyak 1.344,55% dari 424,9 menjadi 5.742. Per tahunnya, rata-rata kenaikan saham bisa mencapai 89%.

Kenapa Anda Harus Investasi Saham?

Tahukah kenapa setiap tahun harga-harga di Indonesia selalu mengalami kenaikan? Hal ini disebabkan oleh inflasi. Inflasi dapat didefinisikan sebagai kenaikan harga-harga secara umum dan terus menerus sehingga nilai uang menurun. Nah, agar bisa selalu mengejar kenaikan harga tersebut, Anda harus pintar-pintar mengelolanya. Salah satu cara terbaik adalah dengan investasi saham karena mampu memberi keuntungan yang jauh di atas kenaikan harga barang.

Siapa Saja Pelaku Investasi Saham?

Dalam transaksi investasi saham, idelanya ada dua pelaku yang terlibat secara resmi, yaitu:

·      Investor – orang yang menginvestasikan uangnya di bursa saham untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu panjang. Biasanya, investor membeli saham sebuah perusahaan yang punya nilai dan performa baik untuk disimpan dalam jangka panjang.

·      Trader – orang yang memperjualbelikan saham dengan memanfaatkan fluktuasi harga saham. Ia menggunakan analisis teknikal dalam menentukan keputusan jual beli sahamnya.

Berapa Modal Awal yang Diperlukan untuk Investasi Saham?

Khusus untuk modal awal investasi saham, jumlahnya tergantung pada perusahaan yang hendak Anda pilih untuk meletakkan investasi. Pasalnya, harga saham sangat bervariasi, ada yang hanya sebesar Rp100 per lembar, tetapi ada juga yang cukup tinggi hingga Rp70.000 per lembar.

Perlu diingat bahwa sebagai investor, Anda diharuskan untuk membeli saham minimal 100 lembar atau 1 lot. Artinya, jika perusahaan yang Anda pilih memasang harga Rp1.000 per lembar saham, maka modal minimal yang harus Anda siapkan adalah sebesar Rp100.000. Berbeda lagi jika misalnya Anda memutuskan untuk langsung membeli 10 lot. Maka, modal investasi saham yang harus Anda siapkan adalah sebesar Rp1.000.000.

Bagaimana Cara Melakukan Investasi Saham?

Sebelum menyerahkan uang untuk berinvestasi saham, Anda terlebih dulu harus memilih saham dari ratusan perusahaan yang terdaftar sebagai perusahaan publik BEI. Dalam hal ini, BEI berfungsi pasar saham yang mempertemukan investor dan pihak yang membutuhkan modal. Berikut adalah cara melakukan investasi saham:

1.    Bergabung di perusahaan sekuritas yang daftarnya bisa Anda lihat di situs www.idx.co.id.

2.    Nantinya Anda akan diminta membuka rekening saham agar bisa bertransaksi. Syaratnya adalah mengajukan fotokopi KTP, NPWP, dan buku tabungan halaman pertama.

3.    Perusahaan sekuritas akan mengirim nomor sub rekening saham, nomor rekening investor (tempat Anda menyetorkan sana saat hendak bertransaksi), username, password, dan pin.

4.    Melakukan setoran awal di rekening investor, jumlahnya tergantung saham perusahaan yang Anda pilih.

5.    Jika sudah bisa login, Anda dapat melihat pergerakan transaksi berbagai saham.

 

 

Sebelum memutuskan membuka rekening saham, carilah informasi sebanyak mungkin tentang investasi saham. Anda bisa mengikuti sekolah pasar modal selama dua hari yang rutin diadakan oleh BEI, dengan pendaftaran yang bisa dilakukan di situs mereka. Semoga investasi saham Anda memberikan hasil yang optimal!

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.