Ini Dia Cara Mendapatkan Visa Liburan dengan mudah

16 Desember 2017 | 02:16

Ketika semua tujuan wisata di negeri sendiri sudah dijelajahi secara menyeluruh, timbullah keinginan untuk mengeksplor destinasi wisata luar negeri yang juga tak kalah bagusnya. Sayangnya, tak semua negara mau mengeluarkan visa dengan “murah hati”. Ada kalanya niat traveling tersebut harus kandas karena visa tempat yang akan kita tuju tersebut memberlakukan aturan yang ketat mengenai penerbitan visa. Tak perlu khawatir. Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan visa.

Memperkaya Informasi dengan Pengalaman Orang Lain

Di zaman yang maju seperti sekarang ini, mendapatkan informasi bukanlah hal yang sulit. Di jagat internet pasti banyak orang yang membagikan cerita pengalaman mereka terkait caranya membuat visa. Apalagi untuk negara yang sulit mengeluarkan visa untuk warga negara asing. Carilah informasi pengalaman yang sesuai dengan latar belakang Anda. Dengan begitu, Anda tahu apa yang harus dilakukan dengan belajar dari pengalaman mereka.

Isi Formulir dengan Lengkap

Pastikan ketika Anda pergi ke kedutaan asing dan mengajukan visa, Anda telah mengisi formulir secara lengkap dan benar. Tergantung pada maksud dan tujuan Anda berkunjung ke negara tersebut, maka jenis visa yang akan Anda dapatkan juga berbeda. Ada visa kunjungan, visa kerja, visa transit, maupun visa belajar. Jadi, ketahui visa jenis mana yang Anda inginkan dan ajukan dengan jelas ke petugas kedutaan.

Yakinkan Petugas dengan Kondisi Finansial yang Baik

Salah satu alasan kenapa petugas kedutaan menolak pengajuan visa adalah karena mereka tidak yakin dengan kondisi finansial. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memberikan rekening koran yang sehat selama beberapa bulan terakhir. Kondisi keuangan yang sehat di sini maksudnya Anda memiliki pengeluaran dan pemasukan yang stabil.  Pastikan Anda mempunyai tabungan yang cukup untuk membiayai Anda di sana selama waktu yang diperlukan.

Perbanyak Dulu Stempel di Paspor

Salah satu negara yang cukup ketat dalam memberikan persetujuan visa adalah Amerika Serikat. Ada baiknya sebelum mengajukan visa ke negara ini, perbanyak stempel visa di paspor Anda. Semakin banyak stempel visa di paspor Anda membuktikan bahwa Anda memang layak untuk mendapatkan visa dari negara tersebut. Sebaliknya, jika Anda mengajukan visa ke negara yang pelit visa tapi paspor Anda masih bersih, maka hal ini akan lebih sulit.

Jangan Gugup Saat Interview

Gugup bisa merusak konsentrasi Anda dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh petugas wawancara. Tujuan mereka mewawancarai Anda adalah mereka ingin memastikan bahwa Anda punya tujuan yang jelas untuk datang ke sana. Oleh sebab itu, jawablah pertanyaan secara konsisten dan yakinkan petugas wawancara bahwa mereka bisa mempercayai Anda untuk berkunjung ke negaranya.

Masih ingat kata pepatah yang mengatakan bahwa “banyak jalan menuju ke Roma”? Tips di atas akan membantu Anda untuk mendapatkan visa di negara yang “pelit” visa sekalipun. Jadi tunggu apa lagi? Segera buat visa Anda sekarang juga dan mulailah petualangan dengan menjelajah tempat baru! 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.