5 Tanda Kalau Anda Dilahirkan untuk Menjadi Pengusaha

20 Desember 2017 | 02:37

Bisnis memang bisa dilakukan oleh siapa saja, selama orang tersebut memiliki keinginan yang besar dan semangat pantang menyerah. Tapi tak sedikit para pebisnis yang sukses memang sudah terlahir sebagai pebisnis atau memang darah pebisnis sudah mengalir deras di dalam dirinya, mungkinkah Anda salah satunya? Berikut beberapa trik untuk mengetahui kalau Anda memang dilahirkan untuk berbisnis.

Berani Mengambil Risiko

Bisnis memang merupakan suatu hal yang penuh risiko. Tak Heran kalau banyak pengusaha atau pebisnis sukses yang selalu mengatakan kalau berani mengambil risiko merupakan salah satu kunci kesuksesan mereka. Jika Anda memiliki sifat untuk berani mengambil risiko dan tidak takut untuk menghadapi apapun bisa berarti Anda memiliki bakat untuk menjadi pengusaha.

Sifat seperti ini sangat dibutuhkan ketika membangun perusahaan karena bisa membantu Anda untuk mengejar visi Anda dalam berbisnis kelak. Sebagai contoh, pada tahun 2008, Elon Musk yang merupakan pemilik dari perusahaan mobil listrik Tesla mengalami titik terendah di perekonomian AS.

Daripada ia harus menutup pintu bisnisnya, Musk justru memilih untuk melipat gandakan dan menginvestasikan secara pribadi uang tunai sebesar US$ 35 juta terakhir miliknya. Dari langkah berani ini, akhirnya Tesla pun berkembang menjadi perusahaan senilai US$2.5 miliar dan diangkat sebagai pemimpin dalam solusi energi berkelanjutan.

Anda Tidak Suka untuk Berakhir dalam Pilihan Hidup yang Salah

Masa muda merupakan saat-saat yang tepat untuk menentukan begitu banyak keputusan penting yang kelak akan membentuk diri Anda di kemudian hari. Banyak dari Anda tentu pernah mengambil keputusan besar tanpa benar-benar mempertimbangkannya dengan benar. Tak jarang dari mereka juga yang hanya mengikuti arus dan dengan serakahnya mengambil peluang yang ada di depan Anda.

Nah, khusus untuk pebisnis, jika Anda merupakan orang yang berusaha untuk menghindari kesalahan tersebut itu tandanya Anda memang terlahir dengan jiwa pebisnis. Dalam posisi seperti ini, Anda tidak akan hanya menunggu kesempatan yang datang, Anda justru akan berusaha membuka kesempatan baru yang akan datang.

Anda juga tidak ingin terlalu lama berada di dalam kehidupan yang jelas-jelas tidak membuatmu bahagia. Apapun caranya, Anda akan terus mencari apa yang membuat diri Anda terpenuhi sekaligus menciptakannya.

Memiliki Kemampuan Beradaptasi yang baik

Adaptif merupakan salah satu sifat utama yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis. Sifat ini dibutuhkan karena dunia bisnis tidak pernah sama dan selalu berubah-ubah. Oleh karena itu, seorang pebisnis dituntut untuk bisa siap untuk menghadapi segala situasi yang tidak beralasan dan keputusan-keputusan sulit. Jika Anda merasa mampu menghadapi segala tantangan dan berusaha untuk menemukan hasil terbaik, berarti Anda memang terlahir sebagai pebisnis.

Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Keingintahuan merupakan sifat dasar yang dimiliki oleh sebagian besar wirausahawan. Tidak sekedar sifat dasar, tetapi sifat ini juga bisa benar-benar membatu Anda dalam berinovasi dan mendorong kesuksesan Anda sendiri nantinya. Sebagian besar bisnis juga dibangun karena pemiliknya yang selalu mengajukan pertanyaan tentang pasar dan menemukan masalah yang harus dipecahkan, dan dari sifat ini pula mereka akan bertahan dengan melihat strategi serta solusi baru agar bisnis yang didirikan tetap menjadi unggulan.

Kompetitif

Para pengusaha sukses tidak pernah takut untuk memperlihatkan sisi kompetitif mereka untuk menyambut kesuksesan dan tidak langsung menyerah ketika sudah mencapai puncak kesuksesannya. Sama seperti atlet yang paling sukses, para pebisnis juga memiliki dorongan tak akan henti untuk menjadi terbaik dari yang terbaik dan akan selalu menemukan cara untuk mengalahkan pesaingnya dalam sisi yang positif.

Kepribadian setiap wiraswasta memang berbeda-beda, tapi setidaknya mereka tentu memiliki sekitar satu atau dua sifat yang ada di atas. Jika semua daftar di atas sangat berkaitan dengan Anda, kemungkinan besar nanti Anda pun bisa menjadi pengusaha besar di masa depan.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.