Mari, Kenalkan Pentingnya Berbagi kepada Si Kecil Melalui 6 Cara ini

25 Desember 2017 | 02:08

Sebagai makhluk sosial, manusia tentu tidak akan pernah bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itulah, setiap manusia harus ditanamkan dengan sifat berbagi sedini mungkin agar kelak ketika tumbuh dewasa seseorang bisa hidup berdampingan bersama orang lain dengan harmonis.

Nah, mendekati hari raya Natal, biasanya sudah banyak komunitas, institusi, dan seseorang yang mulai mengadakan kegiatan CSR dengan saling berbagi kebahagiaan antara satu sama lain. Agar natal Anda dan keluarga semakin bermakna, ikuti beberapa cara di bawah ini untuk mengajarkan kepada si kecil tentang konsep berbagi.

Mulailah dari Hal Kecil

Seorang anak sebenarnya belum memahami betul apa itu konsep berbagi hingga menginjak usia 5 tahun. Namun, bukan berarti Anda sebagai orang tua tidak perlu mengajarkan si kecil untuk memahami aturan dasar dari sikap berbagi. Agar lebih mudahnya, Anda bisa memulainya dari beberapa hal yang kecil. Hal kecil tersbeut bisa dimulai dengan mengajaknya untuk menunggu giliran, misalnya sebagai contoh, “Adik bisa menggunakan mainan ini setelah kakak.” Cara ini merupakan aturan dasar dari sifat berbagi. Jika si kecil sudah dibiasakan dengan cara ini, maka nanti secara perlahan ia akan mengerti dan mengenal apa itu berbagi.

Ajak si Kecil untuk Menginap di Tempat Saudara dengan Anak Sebayanya

Jika Anda ingin menanamkan apa itu sifat berbagi kepada si kecil, cobalah sesekali untuk mengajaknya menginap di tempat saudara Anda yang ada anak sebayanya. Selama Anda dan si kecil menginap, si kecil bisa mendapatkan kesempatan untuk mempelajari apa itu berbagi. Mulai dari berbagi makanan, mainan, buku, berbagi bagian di tempat tidur, dan lainnya. Hal ini memang terlihat sederhana, tapi melalui cara ini Anda sudah berhasil memperkenalkan apa itu berbagi kepada si kecil.

Ajari Berbagi melalui Sedekah

Cara ini bisa Anda lakukan ketika Anda dan si kecil pergi ke tempat ibadah. Di tempat ibadah, Anda bisa sekali mengajarkan kepada si kecil tentang konsep berbagi dengan mengajaknya bersedekah. Seperti memberikan uang dan meminta ia untuk memasukan ke kotak pengumpulan amal di tempat ibadah tersebut. Setelah Anda mengajak si kecil memberikan uang ke kotak amal, jangan lupa untuk menjelaskan bagaimana dampak dan manfaat yang diperoleh dari apa yang sudah ia lakukan melalui uang amal tersebut.

Peduli Terhadap Musibah

Berbagi bisa dilakukan melalui banyak cara, salah satunya dengan belajar memberi perhatian dan berbagi kepada orang lain sebagai bentuk kepedulian Anda kepada seseorang yang sedang tertimpa musibah. Anda bisa mengajarkan kepada si kecil untuk menyumbangkan sebagian uang saku, buku, pakaian bekas layak pakai, dan barang-barang bermanfaat lainnya. Cara ini menjadi cara yang cukup efektif untuk merangsang si kecil untuk menerapkan sifat  berbagi. Melibatkan si kecil untuk ikut ke kegiatan semacam ini memang si kecil bisa membantu si kecil untuk memahami,menjelaskan, dan mengajarkan pula kepadanya untuk bagaimana  bersikap ketika menghadapi seseorang yang sudah tertimpa musibah.

Jadilah Contoh kepada Si Kecil

Mengajarkan berbagi kepada si kecil memang penting, tapi jangan lupa pula untuk menjadi contoh kepada anak Anda untuk memiliki sifat berbagi. Memberikan contoh kepada si kecil berarti Anda secara tidak langsung mengenalkan praktek berbagi secara langsung.

Beri Apresiasi

Setelah si kecil sudah berhasil menerapkan sifat berbagi kepada  orang lain, jangan lupa untuk memberikan apresiasi kepada si kecil. Berikanlah pujian kepada si kecil, hal ini akan sangat berarti bagi si kecil. Apresiasi juga bisa membuat si kecil semakin bersemangat untuk melakukan kebaikan melalui berbagi dengan sesama.

Nah Itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan konsep berbagi kepada si kecil. Momen Natal merupakan momen yang paling pas untuk Anda pilih sebagai salah satu cara untuk melatih sifat berbagi kepada si kecil. Ada banyak pihak yang mengadakan rangkaian kegiatan CSR Natal, salah satunya Commonwealth Life.  Dengan mengusung tema The Magical Season of Giving Others, kegiatan ini berlangsung di Pontianak, Jakarta, dan Surabaya. 

 

Rekomendasi