Kenali 3 Jenis Tipe Investasi Ini Sebelum Anda Memulai Investasi

26 Desember 2017 | 02:54

Setiap orang punya tentu memiliki karakter masing-masing, begitu pula dengan investor. Setidaknya ada tiga jenis investor yang sesuai dengan profil investor dalam berinvestasi. Hal ini bergantung pada kondisi ekonomi dan tingkat pemahaman dan pengetahuan sang investor terhadap masalah yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan. Perbedaan karakter inilah yang berpengaruh kepada keputusan seseorang nantinya memilih jenis investasi yang akan digunakan untuk mengelola kelebihan dana yang dimilikinya.

Berikut beberapa jenis atau tipe berinvestasi yang perlu Anda ketahui:

Investor tipe Konservatif (Risk Averse)

Investor jenis ini cenderung memiliki menanam investasi dengan keuntungan (yield) yang layak. Biasanya tipe investor ini juga cenderung sering bermain aman dan memilih instrument dengan hasil yang sudah diketahui sebelumnya. Orang tipe ini juga biasanya memiliki tujuan berinvestasi untuk meningkatkan kualitas hidup dirinya dan keluarga dalam rentang waktu yang cukup panjang. Orang dengan tipe konservatif akan memilih jenis investasi yang berpendapatan tetap deposito, pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, dan obligasi.

Investor Tipe Moderate (Risk Neutral)

Tipe investor satu ini cenderung memilih risiko dalam tahap yang menengah. Investor tipe moderate ini selalu mencari proposi yang seimbang antara risiko yang mungkin terjadi dengan pendapatan yang dapat diraih. Jenis investor ini, sifat mereka akan selalu berhati-hati dalam jenis investasi. Mereka hanya memilih investasi proporsional yang akan dipilih. Investor tipe moderat cenderung akan menempatkan dananya pada jenis investasi pasar modal(ekuitas), reksa dana campuran, dan jenis investasi berpendapatan tetap termasuk sebagian kecilnya adalah saham.

Investor Tipe Agresif (Risk Taker)

Investor tipe ini sudah cukup sering ditemukan di sebagian besar investor sukses. Investor ini biasanya memiliki sifat yang sangat berani dalam menghadapi risiko. Risk Taker tidak akan merasa nyaman jika berinvestasi pada jenis investasi yang memberikan hasil(return) yang kecil. Investor ini akan sangat percaya bahwa berinvestasi pada instrument yang berisiko tinggi berarti ia berpotensi untuk mendapatkan hasil yang tinggi.

Secara sederhana, investor tipe ini umumnya senang berinvestasi dengan rentang waktu yang relatif pendek atau mengharapkan keuntungan yang besar dalam waktu yang singkat. Jenis investasi yang cocok dengan orang tipe satu ini dominan mengarah ke investasi saham.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai tipe atau jenis investor yang ada di sekitar Anda. Lalu termasuk ke dalam kelompok mana Anda? Tidak peduli mau termasuk ke dalam tipe investor konservatif, moderat, dan agresif mana pun, Anda bisa memilih investasi yang sudah disesuaikan dengan tujuan investasi Anda.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.