Sering Tertukar, Berikut Pengertian BEP dan ROI

27 Desember 2017 | 02:57

 Dalam menjalankan bisnis, Anda tentu memiliki keinginan untuk memperoleh keuntungan atau setidaknya bisa balik modal. Nah, dalam investasi Anda akan sering mendengar tentang istilah BEP, ROI, dan PP. Mengapa? Karena ketiga istilah bisnis tersebut sering kali disalahartikan atau artinya yang tertukar antara satu sama lain. Agar tidak salah kaprah, berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang istilah BEP, ROI, dan PP.

Break Even Point (BEP)                                                                          

Break Even Point (BEP) memiliki arti ketika pendapatan yang Anda dapatkan dari usaha memiliki jumlah yang sama dengan modal yang Anda dikeluarkan, sehingga secara sederhana bisa diartikan sebagai tidak terjadi kerugian atau pun keuntungan apapun. Sayangnya, pebisnis sering kali para pengusaha mengartikan BEP itu sama dengan balik modal. Padahal titik impas dan balik modal bagai dua sisi mata uang yang berbeda.

Istilah BEP juga bisa diartikan sebagai titik waktu di mana biaya operasional bulanan berjumlah sama banyak dengan pendapatan total pada bulan tersebut. Dalam hal ini, posisi keuangan bisnis Anda akan mendapat keuntungan sebesar Nol tetapi tidak merugi ataupun untung.

Pengertian yang mengatakan kalau BEP sama dengan balik modal sebenarnya butuh diluruskan. Sehingga ketika maksud BEP sama dengan titik impas adalah ketika pendapatan usaha Anda sama dengan modal yang dikeluarkan tidak rugi dan tidak untung. Sedangkan untuk pengertian balik modal merupakan keuntungan yang dihasilkan dari pemasukan usaha atau semua modal yang sudah dikeluarkan bisa kembali.

Return On Investment (ROI)

Secara umum, ROI (Return On Investment) dapat diartikan sebagai ukuran atau besaran yang digunakan untuk memastikan efisiensi sebuah investasi dibandingkan dengan biaya dan modal awal yang Anda keluarkan. ROI juga bisa diartikan sebagai tingkat pengembalian atas investasi yang biasanya disimbolkan dengan persentase.

Secara sederhana, ROI juga bisa dibayangkan dengan berapa jumlah setor modal bisnis Anda dan berapa jumlah uang yang Anda dapatkan dari jumlah setoran modal Anda. ROI memiliki simbol yang sama dengan Profit Margin (PM), sehingga seringkali ROI ini tertukar dengan PM. Padahal faktanya PM merupakan profit yang berbanding dengan omzet, berbeda jauh, kan?

Jika disimpulkan, ROI merupakan besaran yang harus ada ketika Anda akan berinvestasi atau ketika Anda ingin meminta modal kepada para investor. ROI ini dapat dihitung untuk berbagai jenis investasi, teknik pemasaran, dan lainnya.

Payback Period (PP)

Sebagai bonus, pengertian dari Payback Period (PP) adalah ketika modal yang Anda keluarkan setara dengan jumlah investasi yang Anda inginkan bisa kembali. Pengertian ini sering tertukar dengan BEP karena BEP diartikan sebagai titik impas, sehingga sebagian besar orang awam akan berpikir setelah melalui titik impas, barulah mendapatkan profit. PP biasa disimbolkan dengan jangka waktu.

Nah, itulah beberapa pengertian singkat dari BEP, ROI, dan PP. Sebenarnya tidak ada salahnya dalam penyebutan ketiga istilah tersebut. Hanya saja, nanti Anda sudah paham benar dengan apa yang membedakan istilah tersebut.

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.