Kenali Lebih Dekat Sejarah Indonesia dari 6 Kampung Ini

28 Desember 2017 | 03:03

Indonesia memang surganya wisata. Tak hanya alam, tempat yang sarat akan nilai sejarah dan budaya pun juga kerap menjadi destinasi yang tak kalah seru untuk meluangkan waktu liburan di akhir pekan. Kampung bersejarah misalnya. Kampung ini bisa Anda datangi untuk semakin menambah wawasan sejarah masa lalu. Ini dia kampung bersejarah di Indonesia yang akan membuat Anda semakin cinta tanah air.

Kampung Vietnam

Kampung Vietnam terletak di kota Batam. Disebut demikian karena memang dulunya kampung ini dihuni oleh sebagian besar orang Vietnam yang notabene adalah pengungsi. Dengan luas 80 hektar, Kampung Vietnam tak hanya memiliki bangunan rumah tapi juga tempat ibadah, museum, dan penjara. Di sini ada Monumen Perahu untuk mengenang bahwa berkat perahu tersebutlah para pengungsi Vietnam tersebut bisa sampai ke Indonesia.

Kampung Melayu

Kampung Melayu sudah da sejak zaman pendudukan Belanda. Pada waktu itu, lokasi Kampung Melayu memang sangat strategis karena berfungsi sebagai penghubung antara Jakarta dan tempat di sekitarnya. Disebut Kampung Melayu karena pada waktu itu pemerintah Belanda memang sengaja mendatangkan orang Melayu ke tempat ini untuk tujuan pengembangan Batavia. Adapun orang-orang Melayu tersebut berasal dari Singapura, Malaysia, dan Selat Malaka.

Kampung Maspati

Di Surabaya, Anda juga bisa mengunjungi kampung bersejarah lainnya seperti Kampung Maspati. Di sini Anda bisa melihat bangunan bersejarah seperti bekas kediaman Raden Sumomiharjo yang berasal dari keturunan Solo. Ada juga Sekolah Ongko Loro yang merupakan Sekolah Rakyat pada zaman dulu. Ada juga markas tentara dan makam pahlawan suami istri bernama Raden Karyo Sentono dan Mbah Buyut Suruh.

Kampung Sejarah Kelor

Berbicara mengenai wisata sejarah dan budaya, memang ada satu kota yang tak boleh ketinggalan, Yogyakarta. Di Kabupaten Sleman terdapat sebuah desa yang memang dipergunakan untuk tujuan wisata. Hamparan kebun dan persawahan serta sungai yang mengalir jernih menjadi daya tarik dari kampung bersejarah yang satu ini. Anda juga bisa melihat serunya anak-anak di sini yang masih memainkan permainan tradisional.

Kampung Adat Mahmud

Tak ketinggalan, Bandung juga memiliki kampung sejarah yang memiliki peranan besar di masa lalu. Kampung ini dibentuk oleh seorang tokoh besar bernama Eyang Dalem Abdul Manaf. Beliau merupakan seorang perintis penyebaran Agama Islam di Bandung. Kampung sejarah yang satu ini memiliki banyak wisata religi termasuk makam Eyang Dalem Abdul Manaf sendiri. Bentuk rumah di sini berbeda dai lainnya. Rumah panggung masyarakat memiliki nilai filosofi tentang hidup yang sederhana.

Sekarang Anda tak perlu bingung lagi menentukan destinasi wisata untuk dikunjungi bersama keluarga. Wisata tempat bersejarah bisa menjadi alternatif seru bagi Anda yang ingin liburan sambil belajar. Jadi, kampung bersejarah mana yang akan Anda kunjungi terlebih dahulu?

 

Rekomendasi