5 Tips Mudah Memilih Manajer Investasi dalam Reksa Dana

2 Januari 2018 | 04:05

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, salah satu jenis investasi yang paling mudah dan merakyat adalah investasi dalam reksa dana. Investasi ini dikatakan sebagai investasi paling merakyat dan mudah karena modal yang dibutuhkan cukup terjangkau bagi sebagian besar masyarakat. Investasi jenis ini cocok sekali untuk Anda yang memiliki modal terbatas, tak begitu paham tentang investasi, dan tak punya waktu untuk mengurusi investasi.

Melakukan investasi reksa dana menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang masih sangat pemula dalam bidang ini. Mengapa? Karena semua proses investasi yang Anda lakukan akan dibantu dan diawasi langsung oleh seorang manajer investasi. Menarik, kan? tapi sebelum itu, ikuti dulu beberapa cara di bawah ini untuk memilih manajer investasi dalam reksa dana.

Memastikan Legalitas Perusahaan Investasi Reksa Dana yang Anda Pilih

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam memilih manajer investasi adalah memastikan kalau perusahaan investasi yang menaungi manajer investasi Anda terdaftar secara legal di Otoritas Jasa Keuangan(OJK). Anda bisa memastikan legalitasnya dengan menghubungi ke hotline di (kode area) 1500 655 atau melalui email konsumen@ojk.go.id dan melalui website resminya di www.ojk.go.id.  Manfaatkan salah satu cara ini untuk mengetahui secara jelas daftar perusahaan manajer investasi tersebut sudah mendapat izin OJK atau belum.

Lihat track record Tiap Kandidat Manajer Investasi

Setelah memastikan legalitas manajer investasi tersebut, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa latar belakang dan pengalaman dari manajer tersebut. Jika tidak ditemukan masalah sepanjang track record-nya Anda bisa mempertimbangkan kandidat itu lebih utama. Track record yang baik bisa membantu Anda untuk mengurangi risiko kerugian nantinya. Anda juga bisa mengutamakan manajer investasi yang sudah beroperasi setidaknya 5 tahun.

Memastikan Kualitas Manajer Investasi

Untuk mendapatkan hasil investasi reksa dana yang sesuai dengan ekspektasi, pastikan Anda sudah mampu memilih manajer investasi yang kompeten dan professional. Cara mengetahui kalau manajer investasi Anda memiliki kualitas, selain dilihat dari pengalaman yang dimiliki olehnya, Anda bisa bereksperimen dengan menjadi nasabah. Selama menjadi nasabah, rasakan bagaimana pelayanan dan pengalaman seperti apa yang Anda alami selama berinteraksi dengan tenaga pemasaran tersebut.

Dari pengalaman inilah nantinya Anda bisa dijadikan sebagai dasar penilaian kualitas yang diberikan oleh sang manajer. Sebagian besar dasar orang lain pada bisnis pengelolaan dana adalah layanan yang berpedoman pada kepercayaan konsumen. Sehingga layanan dari perusahaan dan manajer harus memberikan layanan terbaiknya.

Kenali Gaya Berinvestasi Manajer Investasi

Setiap manajer investasi tentu memiliki karakter dan kompetensinya masing-masing. Mulai dari manajer yang lebih senang mengambil risiko tinggi untuk mendapatkan imbal balik yang tinggi, ada juga yang biasa-biasa saja. Nah, dalam memilih seorang manajer investasi, pastikan Anda juga sudah mempelajari dengan baik bagaimana gaya berinvestasi yang ia pilih, pertimbangkan dengan segala kemungkinan yang akan terjadi nantinya. Jika Anda tak ingin mengambil risiko yang besar, carilah seorang manajer yang tidak terlalu ngebet untuk mendapatkan imbal yang tinggi.

Transparansi Biaya

Tidak kalah penting dengan poin sebelumnya, karena setiap manajer memiliki karakter yang berbeda, setidaknya pastikan sifat transparansi selalu ada pada tiap kandidat manajer investasi dalam reksa dana Anda. Sebelum memilih, carilah manajer investasi yang memang kompeten dan bersedia memberikan transparansi tarifnya. Hal ini menjadi langkah aman untuk mengurangi risiko kerugian investasi yang mungkin akan Anda hadapi ke depannya.

Demikianlah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk memilih manajer investasi. Daripada uang Anda hanya ditabung di bank dan sering terpakai tanpa sadar untuk hal-hal yang tak berguna, investasi bisa dijadikan sebagai langkah yang tepat untuk menyelamatkan keuangan Anda di masa depan. 

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.