5 Kamera Digital Keren untuk Fotografer Pemula

6 Januari 2018 | 04:31

Bagi Anda yang ingin mendalami dunia fotografi, syarat utama yang harus Anda penuhi adalah memiliki kamera terlebih dulu. Masalahnya, dengan banyaknya jenis kamera yang ada di pasaran, memilih satu kamera yang sesuai kebutuhan pun menjadi hal susah. Terlebih Anda masih merupakan seorang fotografer pemula yang belum terlalu memahami seluk beluk tentang kamera.

Tidak perlu bingung, Anda bisa mengintip beberapa kamera digital keren berikut ini yang cocok digunakan oleh fotografer pemula.

Nikon D5500

Nikon D5500 cocok bagi Anda yang menginginkan fitur lebih dari kamera model low-level buatan Nikon tanpa harus membeli kamera full-frame yang harganya relatif lebih mahal. Resolusinya mencapai 24,2MP dan nilai burst pada 5 frame per second (fps). Tidak ketinggalan fitur rekaman video 1080p dengan 39 titik sistem auto-fokus.

Memiliki layar LCD berukuran 3,2 inci yang dapat dimiringkan, Nikon D550 menjadi kamera DSLR Nikon pertama yang dibekali dengan kontrol layar sentuh. Bahkan Niko juga melengkapi  kamera ini dengan koneksi Wi-Fi built in sehingga Anda bisa langsung mengunggah foto atau video ke internet jika mau.

Sony Alpha A58

Dengan viewfinder elektronik, Sony Alpha A58 cocok digunakan oleh fotografer pemula karena autofocus-nya yang sangat cepat dan efektif. Perlu diketahui bahwa Sony Aloha A58 merupakan skamera semi DSLR. Meski begitu, kualitasnya sama sekali tak perlu Anda ragukan. Sensornya sudah menggunakan APS-C AMOS dengan tingkat resolusi sebesar 20,1MP.

Canon T6i

Ada banyak pilihan otomatis dan semi otomatis pada Canon T6i ini sehingga mampu memudahkan Anda untuk belajar fotografi. Memiliki resolusi 24MP, Canon T69 dapat memotret foto hingga 5 fps dan merekam video hingga 30 fps.

Agar semakin memudahkan Anda dalam belajar fotografi, kamera ini juga telah dibekali dengan layarsentuh berukuran 3 inci yang dapat diputar. Apabila dibandingkan dengan pendahulunga, T5i, Canon T6i memiliki jumlah megapiksel dan titik auto fokus yang lebih banyak.

Pentax K500

Salah satu keunikan Pentax K500 terletak pada fitur anti shake (goncangan) yang berada pada bodi kamera. Umumnya, fitur anti shake diletakkan pada lensa. Hal ini memungkinkan Pentax K500 untuk menangkap objek dengan kualitas tajam walau dalam suasana gelap.

Kamera satu ini cocok digunakan oleh fotografer pemula karena daya tahan baterainya cukup awet. Pentax K500 bahkan mampu digunakan untuk 110 shot pengambilan foto hingga 6 fps. Belum lagi kualitas rekaman video yang Full HD 1080 dengan 30 fps.

Fuji X-T10

Apabila Anda suka traveling, maka Fuji X-T10 merupakan pilihan yang tepat karena ukurannya yang cenderung mungil. Memiliki resolusi sebesar 16,3MP, kamu bisa mengambil gambar hingga 8 fps dan merekam video dengan kualitas 1080p. Fuji X-T10 juga dilengkapi dengan layar sentuh yang dapat ditekuk, cocok bagi Anda yang suka merekam video atau vlogging.

 

 

 

Jadi, dari kelima opsi kamera di atas, mana yang akan Anda pilih? Sebelum itu, sebaiknya luangkan waktu terlebih dulu untuk mempertimbangkan kebutuhan fotografi dan budget yang Anda miliki. Jangan lupa meminta saran dari teman-teman fotografer Anda yang lain, ya!

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.