Inilah Sejarah Resolusi dan Arti Resolusi Menurut Para Pakar

1 Januari 2018 | 21:35

Walaupun tahun 2018 sudah hampir satu bulan berlalu, masih banyak orang di media sosial dan blog yang ramai membahas resolusi untuk dicapai pada tahun ini. Bahkan ada yang sebelumnya tidak ikut-ikutan menulis resolusi, sekarang mereka ikut menuliskan. Tentu itu adalah hal yang baik karena maksud utama membuat resolusi adalah mencapai suatu tujuan akhir yang disetujui bersama.

Nah, bagi yang penasaran apa sebenarnya arti resolusi dan dari mana datangnya kata resolusi, kita akan membahas secara detail tentang apa sejarah resolusi dan kenapa kata resolusi dipakai secara umum oleh masyarakat. Simak, ya!

Sejarah resolusi

Sebenarnya, arti resolusi di Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. Biasanya, resolusi ini digunakan oleh pemerintah daerah atau pusat untuk mengemukakan hasil rapat tahunan atau menjelaskan tujuan dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, resolusi pemerintahan sekarang yaitu siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan peningkatan infrastruktur yang menyeluruh di seluruh Indonesia.

Namun, pada penerapannya, masyarakat Indonesia menggunakan kata resolusi dalam keperluan lain. Pada saat tahun baru, resolusi digunakan untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya resolusi tahun baru “harus kurus” atau “lulus kuliah”. Walaupun artinya berbeda, tetapi resolusi dalam hal ini masih mempunyai arti yang sama, yaitu mencapai tujuan tertentu.

Arti Resolusi Menurut Pakar

Menurut Mochtar Kusumaatmadja dan Etty R Agoes, resolusi merupakan seiring perkembangan kedinamisan hukum internasional dalam melahirkan suatu tatanan sumber hukum baru, yakni resolusi atau keputusan suatu organisasi internasional yang menurut kebiasaan internasional diakui oleh negara-negara di dunia saat ini.

Lalu, menurut Black’s Law Dicitionary, pengertian resolusi adalah suatu ketentuan yang telah dicapai setelah mempertimbangkan fakta-fakta dan dalam konteks hukum. Jadi, bisa dibilang resolusi ini mempunyai kekuatan hukum yang sangat kuat jika diterapkan dalam pemerintahan.

Apakah Mempunyai Resolusi Itu Penting?

Jika Anda sekarang sudah mengetahui tentang sejarah dan arti resolusi menurut pakar, pertanyaan lain yang muncul adalah apakah mempunyai resolusi itu penting? Jika lepas dari pemerintahan, setiap orang sebenarnya wajib memiliki resolusi atau tujuan hidup. Entah itu jangka pendek ataupun jangka panjang, resolusi harus dilakukan agar dalam perjalanannya tidak melenceng.

Sekadar informasi lagi, resolusi ini tidak harus berwujud tulisan ataupun gambar. Karena bentuknya bermacam-macam, Anda tidak harus menuliskan resolusi tahunan di dalam kertas. Tentu percuma jika Anda mempunyai resolusi dalam bentuk tertulis, tetapi tidak ada satu pun resolusi tersebut yang berjalan?

Hal penting lainnya kenapa membuat resolusi itu penting adalah resolusi bisa menjadi alat ukur kemampuan yang cukup akurat. Jika Anda sudah mempunyai resolusi yang harus dicapai di tahun 2018, Anda harus berjuang dengan keras untuk mewujudkan impian tersebut. Apabila ada salah satu resolusi yang gagal, tentu Anda bisa introspeksi tentang kemampuan Anda.

Itulah sedikit penjelasan mengenai sejarah kata resolusi bisa dipakai masyarakat, arti resolusi menurut pakar, dan mengapa mempunyai resolusi itu penting. Semoga dengan artikel di atas, Anda bisa mempunyai resolusi yang baru dan bisa mencapainya. Semoga beruntung!

 

Rekomendasi

  • Travelling

    Mahakarya Berbalut Religi

    Sosok bangunan-bangunan klasik ini tak setenar Menara Eiffel, juga tak seharum Taj Mahal. Namun pesonanya tak lekang oleh waktu.

  • Business

    Peluang Usaha, Bagaimana Menemukannya?

    Peluang kadang tak menghampiri, melankan harus dicari.

  • Hobby

    Pimpin Tim Sebaik Mungkin

    Pemimpin yang dihargai anak buahnya akan lebih mudah mengarahkan tim menuju target dan tujuannya. Bagaimana caranya?

  • Hobby

    Melompat Dari Putaran Roda Hamster

    Mereka terus berlari hingga kehabisan napas. Namun setelah napas mereka habis, mereka tetap berada di dalam roda tersebut dan menyadari bahwa mereka tetap berada di tempat yang sama. Apakah itu kita?

  • Parenting

    Waspadai Cinta Posesif

    Adakah cinta yang berlebih sehingga menyakiti? Well,, jangan percaya. Cinta, semestinya tak boleh menyakitkan. Meski itu ada.

  • Hobby

    Cara Biasa Untuk Jadi Lebih Kreatif

    Tokoh-tokoh legendaris dunia seperti Albert Einstein, Picasso, atau Steve Job tidak akan menciptakan ide berlian hanya dengan duduk manis. Mereka melakukan kegiatan sehari-hari yang mampu mengasah ide-ide mereka.